Smart & Beauty Bakulpreneur


Panitia & Para Peserta

Dengan nuansa warna warna pastel yakni pink dan biru para peserta hadir memeriahkan acara kopdar NCC Bekasi yang tahun ini mengangkat tema Smart And Beauty Bakulpreneur. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 23 April 2016 kemarin dan bertempat di rumah makan Raja Sunda ini  dibuka oleh MC Dini Nurfi dan Sugi Bae.

Dini Nurfi, siapa tak mengenalnya? Di kalangan NCC Bekasi, ibu 43 tahun ini begitu enerjik dengan Vadya Baking Shop-nya dan meratui--jika tak boleh menyebutnya merajai--dunia Fruit Carving, seni memahat buah. Lihatnya hasil fruit carving seorang Dinur--panggilan akrabnya--di akun facebooknya, benar-benar membuat setiap mata takjub. Saya saja sempat bergumam 'apa tangannya ga kesemutan, ya bikin begituan' hihihi.

DUO MC Super Kompak
Lantas siapa Sugi Bae? Ibu imut ini juga tak kalah tenar dari Dini Nurfi, lewat Rifqi Cake miliknya Sugi Bae juga memantapkan diri menjadi seorang bakulan sejati. Kue kue hasil buatannya sudah melanglang buana seantero Bekasi. Dua bakulpreneur NCC Bekasi ini super kompak memberikan warna ceria di setiap segmen acara. Satu hal yang menjadi kesamaan mereka dan mungkin ini ikon daya tariknya; mereka sama sama menggilai foto, baik selfie maupun wefie. Saya lihat sepanjang acara foto-foto baik itu foto untuk para pemenang lomba maupun doorprise dua MC ini selalu nimbrung. Hahaha ... benar benar kompak, ya.

Kopdar NCC Bekasi ini dihadiri oleh Ibu Fatma Bahalwan selaku founder NCC (Natural Cooking Club). NCC dicanangkan 15 januari 2005. 15 Januari ini tanggal lahir sang founder. Selain Ibu Fatma Bahalwan, para moderator senior NCC Indonesia juga hadir, diantaranya Ibu Yeni Suryasusanti, Teh Nicke, juga Ibu Tri Palupi dari NCC Berbagi.

Membuka acara Martha Famelyna selaku ketua panitia melakukan selfieria dengan para peserta. Martha mengatakan kopdar kali ini ada yang beda. Selain brjubunnya  sponsor, NCC Bekasi juga mengundang NCC Berbagi. Hal ini menegaskan bahwa NCC bukanlah komunitas yang meniikberatkan pada profit semata tetapi juga mengusug semangat berbagi. NCC Berbai menurut Ibu Tri Palupi selaku ketua, bergerak dalam bidang sosial, khususnya untuk meningkatkan krmandirian perempuan Indonesia. NCC Berbagu telah banyak mengadakan kegiatan sosial diantaranya tanggal 5 Oktober 2015 lalu mengajar baking di panti asuhan Al Kahfi, Jakarta. Dan dalam waktu dekat yakni tanggal 22 Mei yang akan datang  NCC Berbagi akan mengajar membuat aneka kue kue kering di Rusunnawa Kp. Melayu. Kegiatan-kegiatan seupa juga telah dilakukan di Bandung dan Solo dan akan berlanjut di kota-kota lain.

Dalam sambutannya Ibu Fatmah Bahalwan memberikan suntikan semangat kepada para peserta dengan melakukan senam sejenak sebelum emndengarkan motivasi dari beliau bagaimana bisa survive di dunia perbakulan. Lewat materi motivasi Bagaimana menjadi Smart and Beaty Bakulpreneur, Ibu Fatmah Bahalwan meluruskan dulu niat pesert bahwa niat awal bergabung di NCC adalah untuk berbuat baik dan menularkan kebaikan satu sama lain. Satu quote menarik dari beliau "jika merasa karir anda berjalan di tempat, cobalah pergi ke dapur, barangkali tersembunyi rezeki Allah di sana."

Ibu Fatmah Bahalwan sedang Memberikan sambutannya dan Materi 

Untuk menjadi smart and beaty bakulpreneur seorang bakulan haruslah gigih berjuang membangun jaringan. Hali ini sangatlah penting untuk mempromosikan jualannya dan membangun brand. Semangat dan daya juang yang tinggi dan pantang menyerah jika gagal. Artinya harus terus mencoba dan mencoba hal baru dengan memperkaya kreatifitas bakulannya. Kita juga harus yakin bahwa rezeki Allah itu akan selalu ada dan tak pernah tertukar, kita hanya tinggal menjemputnya saja. Terakhir menurut Bu Fatmah, janganlah merasa sukses sendirian. Karena sukses bersama itu lebih baik. Bakulan sejati yanf smart and beaty adalah bakulan yang mau berbagi dan selalu menginspirasi bakulan lainnya dalam meraih sukses.

Selama acara berlangsung para peserta dimanjakan dengan bertabur hadiah dan aneka doorprise dari para sponsor dan bakulan NCC Bekasi. Selain itu ada juga bazaar aneka produk olahan dari member NCC Bekasi dan para sponsor yang bisa diicip icip lalu dibawa pulang tentu dengan harga yang spesial. Acara ini didukung penuh oleh Zeelandia, Interflour, Kara, Blueband, Mesara, Dandan dan Brisbaner.

Lomba Merangkai Bolu Kukus
Yang paling menarik perhatian dan antusiasme khalayak adalah lomba merangkai bolu kukus. Lomba diikuti oleh sekitar 8 peserta yang sudah mendaftar terlebih dahulu di grup NCC Bekasi. Dengan waktu 15 menit saja peserta harus sanggup merangkai bolu kukusnya dengan cantik, dan tentu saja indah dipandang.  Peralatan dan bahannya peserta yang membawa sendiri. Selain cantik, kriteria penilaian meliputi kerapihan, kebersihan, kreatifitas, estetika dan komposisi warna. Warna warna soft mendominasi lomba kali ini.

Ajaib, peserta sanggup melaksanakan tantangan merangkai bolu kukus dalam waktu 15 menit. Hasilnya, amat mengagumkan. Ada yang membuat buket seperti bunga pengantin, keranjang buah, dan yg mendominasi rangkaian buket bunga.

Setelah perdebatan panjang, akhirnya para juri yang terdiri dari; ibu Fatmah Bahalwan, Ibu Tri Palupi, Ibu Yeni Suryasusanti, dan Teh Nicke pun memutuskan para juara. Dan mereka adalah Sari Riendra sebagai juara 1 dengan buket bolu kukus ala pengantinnya. Juara 2 Dya ummu Azzam dan juara 3 mbak Meylani. Selamat untuk para pemenang.

Lomba Merangkai Bolu Kukus


Apa Sih Food Costing? 
Menurut Ibu Yenny suryasusanti seorang akuntan yang bantig setir menjadi bakulan, Food Costing adalah seluruh biaya baik biaya operasional dan keuntungan yang kita inginkan dalam satu produk. FC tak boleh asal asalan, jadi harga jual satu produk ditentukan berdasarkan harga bahan yang dipakai dan harga produksi. Jika bakulan tidak memiliki pengetahuan Food Costing dengan baik maka akan sering salah menentukan harga jual dan berujung pada penentuan harga yang berganti ganti.

Menurut Ibu yenni Suryasusanti revisi harga yang terlalu dekat akan membuat kepercayaan customer menurun terhadap bakulan. Nah, FC ini dibuat untuk menghindari hal itu terjadi. Jadi wajib hukumnya menentukan FC sebelum melepas produk ke pasaran. Bakulpreneur sejati akan memisahkan rrkening pribadi dan rekening jualan, mencatat tiap penerimaan dan penjualannya dan mrnyimpan dengan rapi setiap struk belanjaan bahan bahan produksinya. Ingat! Untuk mendapatkan sertifikat halal MUI akan meminta struk belanja bahan selama dua bulan untuk memastikan bahwa bahan yang digunakan adalah bahan yang halal.

Saya Sendiri

Aneka Demo dari Sponsor
Zeelandia, salahsatu produsen tepung premix dan aneka bahan penunjang kue memberika demo singkat dua jenis cake yakni, Giraffe Tiramisu Rollcake dan Mocca Cream Choco cake. Dengan memakai tepung premix Mamon Cake Mix dari Zeelandia, bolu gulung sederhana menjadi sangat elegant dan istimewa. Teksturnya amat lembut dan soft serta creamy di mulut. Juga dengan Mocca Cream Choco Cake, dengan Zeefine Choco Moist memberikan rasa yang istimewa di lidah dan tekstur cake yang lembut dan creamy.

Dari Interflour (PT. Eastern Pearl Flour Mills) produsen tepung merek Kompas, Gatotkaca dan Teko Merah ini mendemokan pembuatan mie ayam. Dan juga cara penyajiannya yang beda yakni dengan mangkok yang dibuat dari pangsit. Tampialn mie ayam yang biasanya hanya itu itu saja sekarang menjadi cantik dan begitu menggugah selera. Rasa mie-nya pun mantap dan porsi yang sesuai.

Terakhir, ada demi make over dari Dandan. Dua orwng peserta dimake over menjadi sangat cantik dan mrmbuat pangling para peserta. Tiga orang perias dsri Dandan sukses me-make over dua ibu cantik itu menjadi semakin cantik dengan pipi yang tadinya chubby menjadi lebih tirus. Mata yang sayu menjadi lebih cerah. Make up Dandan menjadikan Wajah menjadi lebih bercahaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran