Kue Cucur Gula Merah

Kue Cucur Gula Merah
Bahan:
- 135gr tepung beras
- 115gr tepung terigu
- 150gr gula merah
- 320ml air
- 1/2sdt garam
- 2lembar daun pandan
- Minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara:
1. Sisir gula merah tambahkan air 320ml dan daun pandan masak dengan api sedang aduk-aduk hingga gula merahnya meleleh dan diamkan hingga mendidih... *harus mendidih yah! matikan api kompor sisihkan diamkan hingga hangat.
2. Campur tepung beras, tepung terigu dan garam pada satu wadah. Lalu tuangkan gula merah yang masih hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk. Kemudian aduk hingga rata dan saring.
3.Kocok dengan mixer dengan kecepatan sedang adonan Cucur -/+ 10 menit kemudian istirahatkan adonan minimal 1 jam.
4.Panaskan wajan tambahkan sedikit minyak goreng. Api kecil aja tunggu hingga minyak benar-benar panas, baru masukkan adonan (1sendok sayur=50ml) biarkan hingga cucur membentuk serat/ sarang. Ketika serat sudah hampir terbentuk semua/seratnya udh ke tengah siram2 dengan minyak dan putar-putar cucur kemudian balikkan. Cukup 1x balik saja yah cucurnya.
5.Angkat dan sisihkan pada kertas minyak, lakukan hingga adonan habis. Kalo rasa minyak udah makin sedikit silahkan tambahkan lagi dan tunggu sebentar hingga panas lagi baru mulai goreng lagi yah.
6.Sajikan cucur gula merah dengan minuman hangat. Cucurnya wangi khas gula merah ada sedikit kriuk di ujung kulit dan berserat di dalam makannya lebih enak kalo msh panas-panas yah 
Tips:
1. Pakai wajan yang cekung ke dalam yah kalo menggoreng cucur. dan minyak secukupnya saja ini biar berbentuk seperti topi hehe
2. Ingat masak gula merah harus mendidih yah dan diamkan hingga HANGAT ( jangan dingin dan tidak terlalu panas = suam-suam kuku aja kalo terlalu panas tepung beras keburu matang nanti)
3. Karena cucur tidak pakai baking powder, tidak pakai baking soda dan tidak menggunakan fermipan jadi harus di kocok dan adonan mesti diistirahatkan/didiamkan biar pas goreng bisa muncul serat alaminya.
4. Biar serat bagus dan matang sempurna api kompor sedang cenderung kecil dan seblum menggoreng adonannya diaduk dan kocok sebentar dengan sendok sayur kemudian ambil 1sendok sayur lalu goreng. Pandai-pandai mengatur, biarkan minyak benar-benar panas baru goreng.
5. Kalo mengikuti takaran resep yang benar dan tekniknya saya rasa akan berhasil ga akan gagal.
6. Jika ada yang menggoreng dan ternyata tidak mengembang jangan sesekali menambahkan air atau tepung!ini akan menyebabkan adonan langsung amblas bantet dan rusak. Diamkan beberapa jam lagi atau semalaman baru goreng.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran