Day 22 Meraih Kemuliaan Lailatul Qadar

Day 22 

Meraih Kemuliaan Lailatul Qadar 

Semakin berakhirnya Ramadhan auranya semakin lain, ya. Apanya yang ain mak, selain emol yang semakin penuh? Lah, itu mushola belakang makin dikit shafnya #uppss 

Seperti yang kita tahu ya manteman, di sepuluh hari Ramadhan ini ada malam yang kemuliaannya lebih baik dari seribu bulan. Yakni Lailatul Qadar. Siapa yang tak mau setiap ibadah yang dilakukan diganjar pahala seperti melaksanakannya seribu bulan lamanya di malam mulia ini? Berapa lama tuh, coba dah itung ndiri, emak rada lemot juga kl itung²an 

Setelah nanya si sulung yang jago kimianya #loh 😂 seribu bulan itu sama dengan 83 tahun 4 bulan... Maasyaa Allah. Kuy, mau dilewatkan begitu saja kesempatan ini gaes? Emak sih ga ya. Meski cuma irt yang lagi-lagi ilmunya cuma segini gininya, emak tetap berharap bisa menemukan malam Lailatul Qadar.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Qs. Al Qadar, 97 : 1-5) 

Lailatul Qadar itu terdapat pada sepuluh malam terakhir Ramadhan dan... lebih memungkinkan terjadi di malam-malam ganjil daripada malam-malam genap. Seperti yang disabdakan Nabi sebagai berikut,

"Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terkahir di bulan Ramadhan." (HR. Bukhari) 

Ciri² Lailatul Qadar itu kayak apa, sih... kuy, emak kasih tahu, ini juga dapat dari contekan, sih 

1. Udara dan angin sekitar terasa tenang.  "Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi.  Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh /terpercaya).

2. Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan tersebut dan merasakan kelezatan dalam beribadah, yang tidak didapatkan pada hari-hari yang lain.

3. Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya sebagaimana terjadi pada sebagian sahabat. 

4. Matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan jernih, tidak ada sinar. Dari Abi bin Ka’ab bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, ”Shubuh hari dari malam Lailatul Qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik.” (HR. Muslim).

Nah, nanti malam kan malam 23 nih, kuy kita maksimalkan ibadah di malam-malam ganjil yang masih tersisa ini. Semoga Allah memudahkan kita untuk meraih malam tersebut, ya manteman. Aamiin Aamiin Yaa Mujibas Saailin.

Sumber https://rumaysho.com/489-mengenal-tanda-tanda-malam-lailatul-qadar.html 

#ramadhanstoryzya
#day22ramadhan 
#zyasstory
#zyasfamily
#zyasfamstory 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran