Beli Apa Aja di Pasar Tradisional?

Masih tentang pasar tradisional. Jadi setiap minggu saya pasti ke pasar. Karena stok bahan makanan pun habis. Setiap pagi saya memasak untuk menyiapkan bekal si kembar sekolah. Tentunya untuk sarapan Paksu juga. Biasanya saya beli sayuran untuk stok satu minggu. Sebelumnya saya mencatat dulu apa saja yang akan dibeli. Sayuran segar saya pilih yang tahan lama disimpan.


Seperti sawi putih dan hijau, pokcoy, jagung manis, oyong, terong, buncis dan kembang kol. Untuk brokoli, bayam, kangkung, kacang panjang dan tauge biasanya saya tetap beli tapi saya akan masak di hari pertama dan kedua. Tapi tidak semua sayuran ini saya beli setiap minggunya. Saya hanya membawa pulang 6-8 jenis saja sesuai kebutuhan.



Sayur mayur di pasar Tambun: 45.000 di satu lapak saja

Untuk bumbu dapur saya beli dalam jumlah banyak yang cukup untuk satu minggu, ibu2 bisalah mengira2 berapa jumlah yang dibutuhkan. Untuk cabai saya memilih sendiri. Biasanya saya beli cabai keriting, rawit merah rawit hijau, cabe hijau besar dan cabai hijau keriting. Paprika merah dan hijau cukup dua saja. Bawang merah dan tomat pun saya memilihnya. Pilih yang bagus dan tidak gampang busuk.

Aneka cabai+tomat: 15.000 (bonus daun jeruk) 

Untuk lauknya saya beli tahu, tempe, oncom, ikan tongkol, bandeng presto, ayam, teri, bakso, sosis, nugget juga terkadang kentang beku. Beli sesuai kebutuhan dan list masakan perharinya.

Ikan belanak, udag 1/4 kg, teri dan ikan asin tipis: 37.000


Berapa anggaran yang dikeluarkan perminggu? 


Tergantung pembelian, tapi tidak sampai lebih dari 200rb. Cukup hemat kan 200rb untuk sepekan (rincian belanja telah saya share di tulisan yang berbeda). Gizi terjamin dengan harga murah. Bandingkan dengan dulu saat saya masih belanja tiap hari. Selain rempong mikirin mesti masak apa hari ini, harganya sudah pasti jauh lebih mahal. Bisanya saya belanja perhari 30-50rb. Setelah saya belanja mingguan saya bisa menghemat 100-150rb/minggu.

Tempe tahu tauge: 12.000 satu lapak saja

Kentang 2kg 25.000

So, tunggu apalagi? Segera beralih untuk menentukan menu masakan per minggu dan belanjalah tiap pekan saja. Lumayan, hasil penghematan bisa untuk beli buku, baju atau menambah tabungan untuk berkunjung ke tanah suci. 😅😅😅 

Dan inilah list belanjaan saya minggu ini:


  1. Kentang 2kg : 25rb
  2. Cabai campur: 12rb
  3. Jagung: 5rb
  4. Sayur asem: 3rb 
  5. Ketimun 1kg: 5rb
  6. Buncis: 3rb
  7. Sawi putih+hijau: 5rb 
  8. Wortel: 5rb
  9. Bumbu dapur: 3rb
  10. Bawang daun: 1rb
  11. Daun singkong: 6rb (ga kefoto karena masih nyangkut di motor) 
  12. Tauge+oncom: 3rb
  13. Tahu, tempe: 10rb
  14. Ikan asin tipis: 10rb
  15. Udah: 12rb
  16. Ikan balanak: 8rb 
  17. Sosis ayam: 14rb (udah masuk kulkas, ga kefoto) 

Total 137rb, insyaAllah pas untuk sepekan. Di kulkas pun masih ada fishroll, bayam, kangkung. 

Hepi wiken bunda dan selamat memasak... 

Zya mom of 4

#zyasstory
#pasartradisional
#listbelanjasayur
#sayuranmurah
#laukmurah
#higienistapimurah


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran