Ada Rumor Pasar Tutup, Jam 6 Pagi Sayuran Hijau Sudah Ludes

Begitulah, biasanya Emak belanja pagi-pagi, usai Subuh langsung jalan diantar Paksu. Tapi pagi tadi Emak leha-leha dulu karena sudah bangun sejak dini hari menyiapkan sahur duokembar yang mau berpuasa, mereka membayar utang puasa Ramadannya. Emak santai dulu mantau status manteman sambil ceki-ceki dan balas wa. 

Ternyata benar, ada rumor tentang pasar tradisional dekat rumah yang akan ditutup mulai Senin besok. Yapp, mulai tanggal 23 Maret besok pasar itu tutup, katanya. Kata siapa? Banyak yang komen begitu di grup yang Emak ikuti. Malah ada juga yang bilang pasar induk juga sudah tutup mulai hari ini, Minggu.




Emak baru sadar belum ke pasar dan hari sudah siang. Lihat jam, wew... jam 6 pagi. Buru-burulah Emak ngacir ke pasar. Jalan raya sepi tak seperti biasanya. Biasanya sih hari Minggu emang sepi jalanan tapi tidak sesepi pagi ini, pikir Emak. Paksu pun mengiyakan. 
Sampai di pasar kumaha? Ealaaahhh... Pasar juga relatif sepi, dan sayuran hijau kok ga kelihatan, ya. Emak mulai galau...  sayang Emak ga bawa hp jadi ga bisa cekrek cekrek kondisi pasarnya. 

Sksd sama tukang dagang, tanya sana sini, kenapa sayuran hijau tersisa yng jelek-jelek saja. Si pedagang bilang banyak emak-emak yang belanja pagi-pagi dan memborong banyak sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, daun singkong, sawi hijau dan lainnya. Mau distok kayaknya. Karena pasar akan tutup besok. 
"Etapi emang beneran itu bang, pasar mau tutup besok?" Emak sok akrab nanya-nanya.  
"Kate sape Bu?" 
"Ya banyak yang bilang bang di grup," Emak nyengir. 
"Yaelah Ibu cuma katanya doang, kagak tutup dimarih mah Bu, kalo pasar besok tutup kita nyang dagang dah pada dibilangin duluan atuh." Si abang sayur nyerocos. 
"Jadi besok ga tutup bang?" Emak mastiin lagi. 
"Belon Bu."
"Lah belon, berarti bakalan tutup dong bang,"
"Ya kagak tau mpok, taran ge dibilangin kalo nutup mah. Ilok ora diaru-aruin kita. Tar mpok aye wa dah," 
"Ebujug dah... ngapa jadi manggil mpok dah..." 
Ngakak bareng, tapi jangan ampe keplak keplakan ye... Inget covid 19 lagi nginte 😆😆😆

Alhamdulillah pasar belum mau tutup, sepertinya nunggu edaran resmi dari pemerintah dulu. Tapi Emak dah keburu was was jadi niat juga mau menstok belanjaan, kalau pasar tutup bisa berabe urusan nih. 
Trus, pagi tadi meski ga dapat yang hijau-hijau, Emak tetap bawa banyak sayur dan bekal. Harganya juga lebih mahal dari pekan lalu Emak belanja. Karena Emak emang sengaja menambah banyak belanjaan buat stok, supaya ga terlalu sering keluar rumah. 
Yaelaaah, ini aja cuma sepekan sekali belanjanya. 
Maksudnya, anak-anak jangan jajan di luar, getoohh. 


Sawi hijau, jagung, lobak, pete, buncis, wortel, ketimun, kubis

Masih di lapak langganan yang biasa, kios Bu Haji tea, masih muda euy, nyunda banget kalo ngomong. Sekarang dah mulai terbiasa melayani Emak yang ga bawelan. Cukup milih-milih sebentar, nambah yang lain, milih lagi yang lain, terus aja begitu dibiarin aja Emak sampe selesai. Pas awal-awal ke lapak Bu Haji ini, Emak ditungguin mau belanja apa, ditanya lagi, Emak masih milih lagi. Lamaaaaa pisan nih emak-emak atu, pikir Bu Haji. Akhirnya sekarang Emak dicuekin, kalo sudah selesai tinggal hitung dan biasanya dapat diskon karena ga sibuk nawar-nawar di awal. Kayak sekarang ini... Sawi hijau satu ikat 2rb saja, jagung 5rb, lobak 6rb, baru ketemu lobak lagi nih setelah sekian purnama tak jumpa lobak. *lebaymodeon* pete 15rb, mau dibekukan nih sama Emak buat stok nanti lebaran kita nyayur soun bunda. Buncis 5rb, wortel 6rb, ketimun 5rb, kubis 8rb. Totalnya 52rb saja.  


Cabe cabean, bawang merah, tomat 

Duhh, bunda... bawang merah naik euy, itu 1/4 kg 10rb, cabe cabean tiga macam 15rb, tomat 5rb, total 30rb. 

Ikan asin, teri, rebon, salam sereh, bihun, bawang putih, bawang daun dan selederi 

Mlipir ke sebelah kita beli yang kering-kering. Ikan asin 10rb, teri 10rb, rebon 5rb, bihun 3rb, bawang putih 11rb, daun bawang selederi salam sereh 3rb. Total 42rb. 

Emak juga membeli tahu tempe (10rb), fishroll (18rb), otak-otak (10rb), bakso (16rb), butter dan cokelat leleh (27rb). Totalnya 81rb. Kesemuanya ga sempat di foto karena udah terlanjur ditaruh ditempatnya sama Paksu. Bakso, otak-otak dan fishroll masuk frezeer, cokelat dan butter masuk ke kontainer bahan kue dan tahu tempe siap dibacem sama Emak. 

Oiya, begitu mau pulang Emak ingat belum beli kentang, jeruk lemon dan penyedap rasa, akhirnya mlipir lagi ke Bu haji, dapatlah kentang 1 1/2kg 18rb, lemon dan penyedap rasa 7rb. Alhamdulillah... 25rb saja.

Jadi total belanjaan Emak pekan ini bunda, 52rb + 30rb + 42rb + 81rb + 25rb = 228rb. Wow... sampai melebih 200rb, fantastis beudd ini ya bunda. Tahu sendiri Emak biasanya belanja pekanan ga pernah sampai 200rb, loh. Ini belum beli lauk pauknya, ikan, ayam dan udang belum beli Emak. Hadehhh... Emak kemarin sudah sempat memesan ke tukang ayam keliling agar dibawakan lauk di atas seharga 100rb saja. 

Mudah-mudahan ujian Corona ini segera berakhir ya bunda. Dan ritme kehidupan berjalan seperti biasa lagi. Anak-anak bisa bersekolah kembali dengan nyaman, paksu tidak was was dalam bekerja dan Emak pun sentosa bekerja di rumah sambil ngedrakor, hehehe... aamiin. 

Nah, kalau bunda sudah belanja apa hari ini? 


#ZyasDaily
#ZyasStory
#Belanja
#Dapur
#PasarTradisional 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran