Roti Mumbul Sempurna Dengan Cakra Kembar


Social Distancing selama 14 hari yang ditetapkan pemerintah untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid 19 ternyata berdampak besar bagi keluarga kita. Para orang tua menjadi lebih dekat dengan anak karena selalu berinteraksi di rumah. Tentu saja bonding yang tercipta semakin lengket. Apalagi anak-anak juga diberi tugas seabrek dari sekolah, tentu 'beban' ibu semakin bertambah-tambah. 

Eits, jangan dulu menyebutnya beban ya bunda. Ini adalah anugerah untuk para orang tua yang bekerja di ranah publik yang jarang ketemu anak, dalam artian hanya bertemu saat pagi hari dan malam hari ketika baru saja pulang kerja. Nah, dengan keberadaan anak-anak di rumah tentu intensitas kebersamaan semakin besar, ya, kaaan...? 



Dengan banyaknya tugas dari sekolah yang mesti dikerjakan setiap hari, tentu anak-anak merasa bosan. Pun begitu dengan orang tua yang harus mendokumentasikan kegiatan belajar anak dan melaporkannya ke guru-guru mereka. 
Bagaimana jika Emak kasih tahu satu alternatif kegiatan yang bisa mengalihkan anak dari kebosanan. Mau tahu bunda?

Beberapa hari lalu Emak bersama duokembar mengeksekusi roti. Iya, bikin roti lagi kitahh. Kegiatan baking bersama ini menjadi alternatif favorit sebagai obat bosan anak-anak. Kali ini kami membuat aneka macam bentuk roti, tidak hanya satu bentuk. Awalnya Emak jika membuat roti satu atau dua macam saja, takut nanti proses proofing-nya beda untuk tiap bentuk roti. 

Dulu sih iya, masalah proofing, rasanya, bentuknya, bahkan teksturnya berubah-ubah tiap kali Emak bikin roti. Tapi kini semua masalah itu terlewati sudah, Emak sudah menemukan tepung yang pas untuk mengatasi semua masalah di atas.  Dan bikin Emak makin jatuh cinta dengan aneka rerotian. #tsahh...

Baiklah... inilah tepung yang bikin Emak jadi setiap hari eksekusi roti aneka bentuk dan rasa. Yupp, tepung Cakra Kembar dari Bogasari
Tepung Cakra Kembar adalah tepung berprotein tinggi dengan kandungan protein di dalamnya 11%-13% yang sangat cocok untuk membuat adonan yang memerlukan tingkat elastisitas dan kekenyalan yang tinggi seperti roti, donat, mie dan aneka pasta.


Tepung Terigu Cakra Kembar Bogasari 


Komposisi, Kehalalan dan SNI Bogasari Cakra Kembar 


Bunda, berikut Emak akan sampaikan beberapa informasi tentang tepung yang dipoduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Jakarta 14110, Indonesia ini. 

Komposisi tepung terigu Bogasari Cakra Kembar adalah sebagai berikut: tepung terigu, zat besi, seng, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B1, asam folat, vitamin A dan vitamin D3. Tepung terigu Bogasari Cakra kembar telah memiliki izin BPOM RI MD 228809307114. Sedangkan untuk logo sertifikat halal MUI (Majelis Ulama Indonesia): LPPOM MUI 00220006410997. Dan untuk sertifikat SNI 3751:2009.


Informasi Nilai Gizi Tepung Terigu Bogasari Cakra Kembar

Takaran saji 100 g
Jumlah sajian per kemasan 10


Jumlah Per Sajian
Energi Total 360 kkal
% AKG*




Lemak Total
1g
2%
Protein
12g
20%
Karbohidrat
74g
25%
Natrium
0mg
0%
Vitamin A

10%
Vitamin B1

30%
Vitamin B2

40%
Vitamin B3

10%
Vitamin D3

10%
Asam Folat

50%
Zat Besi

20%
Seng

30%
*%AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal. Kebutuhan energi Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Nah, setelah melihat tepung ini sesuai dengan harapan Emak, ya... halal yang pasti, komposisinya juga tepat (protein tinggi) untuk membuat roti, akhirnya Emak menjatuhkan pilihan pada tepung ini. Untuk kali pertama Emak hanya membeli dua pcs Cakra kembar saja. Harganya lumayan terjangkau dan nyaman di kantong Emak, hanya Rp.22.000,00/2 pcs. Murah, kaaan, dibandingkan dengan produk sejenis. Tepung terigu Cakra Kembar dijual di kisaran harga Rp.11.000,00-Rp.13.000,00/kg dan bisa didapatkan di mana saja. Di pasar tradisional, toko-toko eceran, pasar swalayan, warung sembako bahkan di toko kelontong dekat rumah Emak juga tersedia tepung Cakra Kembar ini. 


Bagaimana Dengan Hasilnya?


Di kali pertama Emak eksekusi roti menggunakan Cakra Kembar ini, hasilnya sudah cukup memuaskan. Saat itu Emak dibantu duokembar saat menguleni adonan, mereka bergantian menguleni. Roti cukup mengembang meski kurang sempurna (lihat gambar 2) Cinnamon Roll Emak kelihatan kaku, tekstur kurang lembut. Tapi Emak tahu ini karena kurang lama me-proofing-nya dan mungkin karena banyak tangan yang menyentuh adonan. Karena Emak melihat duokembar terburu-buru ingin segera membentuk CinRoll jadi baru beberapa menit sudah langsung dibentuk dan diberi isian. Hasilnya, pas proofing kedua kurang maksimal. Tapi untuk bentuk roti yang lain sudah bagus (gambar 3). 

Nah, untuk sisi positifnya, antara Emak dan duokembar bisa terjalin bonding yang kuat karena saat di dapur kami saling bertukar cerita soal apa saja, dari mulai pelajaran di sekolah hingga makanan favorit dan rencana nonton yang tertunda karena kita harus semedi di rumah dulu beberapa hari lagi ke depan. 


Trial 1 Cakra Kembar 


Trial 2 Cakra Kembar 

Karena roti camilan favoritnya kiddos, Emak pantang menyerah untuk mendapatkan olahan roti terbaik. Karenanya Emak pun bertekad menguleni lagi dengan sempurna. Tentunya masih dengan tepung Cakra Kembar dari Bogasari. 

Dan alhamdulillah, setelah beberapa kali membuat, Emak berhasil menemukan tehnik yang tepat dan menghasilkan roti yang mengembang sempurna, pas bentuk dan ukurannya, juga tekstur yang sesuai keinginan, yakni empuk, kenyal dan tidak kempes saat digigit (gambar 4&5). 


Cinnamon Roll 


Roti Pisang Cokelat 


Roti Abon dan Cokelat 

Dengan tehnik ulen yang tepat dan waktu proofing yang pas, membuat roti dengan tepung Cakra Kembar adalah pilihan yang pas. Emak kasih bocoran sedikit ya, dalam membuat roti, jika menguleni dengan tangan maka gunakanlah ujung pangkal telapak tangan, jangan menggunakan jari. Uleni minimal selama 30 menit untuk hasil kalis yang maksimal (adonan tidak sobek saat dilebarkan). Dan saat proofing, lama waktunya harus pas, tidak boleh terlalu lama dan terlalu sebentar. Ini tergantung suhu udara masing-masing di rumah bunda, ya. Begitu juga saat pemanggangan, tergantung oven masing-masing, kenali oven bunda, ya. Kalau Emak, untuk memanggang roti cukup 15-17 menit saja, baik dengan oven tangkring maupun oven listrik. 


Roti Sosis 


Roti Sobek 


Roti Pisang Cokelat 


Roti Sobek isi Cokelat 

Baiklah bunda, setelah menggunakan tepung terigu Bogasari Cakra Kembar beberapa kali, Emak akhirnya tak bisa pindah ke lain produk, sudah kadung jatuh cinta dengan tepung Indofood punya ini. Hasilnya dari hari ke hari tiap kali membuat aneka roti selalu saja bagus dan mengembang sempurna. Duokembar pun memuji enak rotinya dan rikues ulang lagi, apalagi si sulung sangat menyukai Cinnamon Roll ala Emak yang bertabur sukade dan kismis di dalamnya. Dengan Cakra Kembar, Emak bebas berkreasi menyajikan roti dalam aneka bentuk. Dan pastinya teksturnya sangat lembut dan tidak keras.

Yuk, bunda saatnya beralih dari pilihan lama bunda. Sudah saatnya kita berkreasi menyajikan camilan sehat bersama Cakra Kembar. Happy baking, bunda...  



#ZyasStory
#ZyasDaily
#DapurZya
#CamilanRoti
#CakraKembar
#CakraKembarBogasari 
#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran