Day 07 Al-Qur'an Journaling ~ Qs. Al Isra:30 ~ Tentang Rezeki


Kembali topik Covid 19 menjadi bahasan hangat. Dampak pandemi ini meluas hingga hampir ke semua lapisan masyarakat, terutama menengah ke bawah. Pendapatan mereka jauh berkurang, rezeki seakan semakin jauh untuk dikejar. 

Para pegawai pabrik-pabrik yang dirumahkan, art harian yang diberhentikan, belum lagi para buruh cuci yang juga kehilangan pekerjaannya karena para ibu yang biasa menjadi pelanggan mereka memilih untuk melakukan sendiri pekerjaannya untuk memangkas pengeluaran. 

Bagaimana dengan saya? 
Penghasilan suami yang berkurang memaksa saya untuk lebih pandai lagi mengatur pengeluaran, padahal di Ramadan seperti sekarang ini pengeluaran justru bertambah.  Tak ayal obrolan usai Subuh tadi akhirnya beralih ke soal rezeki. 


Bapake mengangkat Qs. Al Isra ayat 30 untuk bersama kita tadabburi berkenaan dengan rezeki ini.  

"Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya." (Qs. Al Isra:30)

Pandemi Covid 19 sudah pasti berdampak pada berkurangnya rezeki pada sebagian orang, tapi ada juga loh yang rezekinya bertambah. Seperti penjahit masker, pengusaha catering, sayuran segar delivery, dll. Semua berjalan sesuai takdir-Nya.   

Yang harus kita yakini adalah rezeki setiap makhluk sudah dituliskan Allah sejak dahulu kala, sudah ada takarannya dan tak akan tertukar. Tinggal bagaimana kita mengusahakannya. 





Allah akan melapangkan rezeki bagi siapa yang Dikehendaki-Nya. Artinya Allah akan memudahkan perolehan rezeki kita jika cara yang digunakan sesuai dengan syariat. Sebaliknya, jika cara untuk memperoleh rezeki salah dan tak diridai-Nya, maka Allah akan mempersulitnya. Karena Allah juga berkuasa untuk menyempitkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya.

Baiklah, rezeki sudah ada yang mengatur dan tak akan salah alamat, itu pasti. Karena Allah tak akan pernah salah menuliskan takdir hamba-Nya. Tugas kita selanjutnya hanyalah taat, mencari rezeki yang halal dan bertawakkal akan hasilnya kepada Allah. Semoga Allah mempermudah dan melapangkan kita dalam menjemput rezeki-Nya. Aamiin. 


#quranjournaling
#quranjournal
#TantanganaRamadan1441HRumlit
#zyasstory 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran