Ramai-Ramai Membuat Empon-Empon Penangkal Corona

Empon-empon, minuman herbal 
Setelah kemarin kami menetapkan pembuatan minuman herbal ini sebagai family project, selanjutnya saya akan share resep dan cara membuatnya.  
Tapi sebelumnya kita kupas dulu masing masing bahannya ya bunda. 

Jahe

Jahe, Zingiber officinale
Jahe atau Zingiber officinale, rempah-rempah yang satu ini berwarna putih, beraroma khas dan menimbulkan rasa hangat yang langsung menyeluruh. Khasiat jahe banyak sekali, diantaranya mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual, mengurangi rasa sakit, membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit,  melindungi diri dari kanker dan bisa untuk menurunkan berat badan loh bunda. 

Kunyit 

Kunyit, Curcuma longa Linn
Kunyit atau Curcuma longa Linn ini sangat banyak ditemui, karena sangat mudah memperbanyaknya. Cukup tanam kunit di tanah, pakai pot juga bisa, dia akan langsung tumbuh subur dan beranak pinak. Kunyit ada dua jenis, ada yang kuning dan ada yang putih. Sangat bagus digunakan sebagaibpewarna alami. Khasiat kunyit diantaranya mengurangi peradangan, mengempiskan perut kembung, mengobati maag, mengurangi mual, meredakan nyeri haid, menurunkan berat badan, 

Temulawak 

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza juga termasuk tanaman herba yang akar dan batangnya menyatu di dalam tanah. Khasiatnya banyaj sekali. Selain untuk kesehatan, ternyata temulawak juga bermanfaat untuk kecantikan. Manfaat temulawak diantaranya: mencegah kanker, sebagai antibakteri dan antijamur, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar proses pencernaan, mengatasi peradangan, membantu proses metabolisme tubuh dan juga menambah nafsu makan. 

Sereh 

Sereh, Cymbipogon citratus
Minyak esensial yang dihasilkan oleh sereh dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan mengangkat suasana hati. Sereh memiliki aroma segar mirip dengan lemon. Manfaat daun sereh juga bisa digunakan sebagai penyedap rasa di berbagai masakan kita di rumah bunda. Selain itu sereh juga memiliki manfaat sebagai pengobatan herbal. Manfaat sereh didapat dari kandungan antioksidan dan anti peradangannya sehingga sereh bisa digunakan untuk mengatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Baiklah, sekarang mari kita praktik membuat minumannya.  
Bahan: 
* 5 cm jahe *5 cm kunyit *5 cm temulawak (saya kemarin ga pakai karena stoknya habis) *3 batang sereh *80gr gula aren/gula putih *sejumput garam *1 jeruk nipis ukuran sedang 

Cara membuat: 
*cuci bersih semua rempah yang diperlukan, iris tipis-tipis kecuali sereh, biarkan memanjang 15 cm.  
*iris halus gula aren 
*siapkan panci dan isi 2-3 liter air atau secukupnya
*masukkan semua bahan kecuali jeruk nipis dan aduk rata jangan sampai ada gula yang masih bergerindil. 
*nyalakan kompor dan masak hingga mendidih. Setelah mendidih tungfu hingga 15 menit. 
*setelah 15 menit matikan api dan biarkan selama 30 menit jangan dibuka tutupnya agar aroma rempah terperangkap di dalam dan menyatu. 
*setelah itu nyalakan kompor lagi hingga mendidih dan matikan kembali
*minuman sudah bisa langsung dinikmayi, jangan lupa disaring ramuan rempahnya agar tidak terbawa ke dalam gelas.  
*sebelum diminum kucuri dengan irisan jeruk nipis.
Sangat simpel dan mudah ya bunda cara membuatnya. Bisa juga memberdayakan anggota keluarga di rumah. Bunda bisa sambil memperkenalkan macam-macam rempah dan khasiatnya pada mereka. Kemarin pun saya demikian, meskipun sudah besar twins masih belum hafal mana kunyit mana jahe, mana temulawak mana lengkuas, jadi kemarin selain membantu saya, mereka juga sekalian menghafalnya. Kini kita juga bisa menstok sensidi ramuan penangkal corona. Lebih baik mencegah bukan daripada mengobati. Kuy, kita bikin lagi... 

Semangat sehat bunda...

#dapurzya
#zyasfam
#zyasstory
#zyasdaily
#Ramadan
#emponempon 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran