Day 18 Al-Qur'an Journaling ~ Qs. Al Mu'minun:60


Takut Amalan Tidak Diterima
 
وَٱلَّذِينَ يُؤْتُونَ مَآ ءَاتَوا۟ وَّقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَىٰ رَبِّهِمْ رَٰجِعُونَ 

 "Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka," (Qs. Al Muminun:60)

Aisyah ra, pernah bertanya kepada Rasulullah berkenaan dengan ayat ini. "Ya Rasulullah, siapakah orang-orang yang dimaksud dari ayat ini? Apakah mereka orang-orang yang dzalim dan sering bermaksiat kepada Allah?" Tanya Aisyah. Rasulullah menjawab, "Bukan, mereka adalah orang-orang saleh yang banyak beramal saleh tapi mereka takut dan was was jika amalan yang mereka kerjakan tidak diterima Allah, padahal mereka tahu mereka akan kembali kepada-Nya kelak." 

Betapa orang-orang saleh yang banyak beramal masih saja mengkhawatirkan amalan mereka. Bagaimana dengan kita?
 
Betapa orang-orang saleh itu telah berulang kali memastikan dan memurnikan niat amalan mereka, tapi mereka masih saja was was Allah tidak menerima amal mereka. Bagaimana dengan kita? 

Betapa banyak dari mereka yang begitu zuhud akan dunia, tidak lagi memikirkan apa kata orang tentangnya, tapi masih saja memikirkan kelak di hari perhitungan Allah tidak akan memberikan balasan akan semua amalan mereka. Bagaimana dengan kita? 

Bagaimana dengan kita yang beramal saja harus disuruh, harus ada pemantik baru bergerak? 

Bagaimana dengan kita yang masih saja sibuk dengan dunia dan memperdebatkan sesuatu yang sia sia? 

Bagaimana dengan kita yang begitu yakin sudah ikhlas melakukan sesuatu padahal justru keikhlasan kitalah yang butuh ikhlas itu sendiri.  

Faghfirli... 
Faghfirli... 
Faghfirli... 
.
.

Teman, saudaraku semuanya marilah sama sama menautkan hati, menjalin anyaman silaturahmi dari tiap titik sudut di manapun kita berada, yang nantinya titik-titik itu bertemu di satu titik tengah bernama kesuksesan. 




#quranjournaling
#tantanganramadan1441Hrumlit


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran