Day 22 Al-Qur'an Journaling: Qs. Ath Thalaq:3 ~ Tawakkal


Tentang Tawakkal 

Saat kejumudan hadir menghampiri rasanya kepengin mengakhiri semuanya. Apa yang sudah diusahakan dari awal dengan matang tapi pada kenyataannya terkadang praktik tak sesuai harapan. Ini yang sering terjadi bukan? 

Kita sudah merencanakan sesuatu dengan sempurna. Baik dari siapa yang terlibat di dalamnya, perkiraan waktu yang terpakai, siapa yang terlibat, sistem kerja, pembiayaan hingga kemungkinan sulitnya birokrasi yang akan ditempuh. Bismillaah... 


Semua proses terlewati satu demi satu, biaya yang lumayan dan waktu yang molor dan sistem kerja yang sedikit meleset dari perkiraan turut mewarnai proses ini. Tapi semua kami jalani dan nikmati dengan lapang dada. Berharap hasilnya sesuai dengan harapan. 

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

 “Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. [Ath-Thalaq : 3]

Tiba saatnya di tahap birokrasi yang mau tak mau mesti dilewati pula pada akhirnya. Lumayan alot sih hingga lolos juga. Terakhir proses produksi dan pemasaran. Semua sudah sesuai rencana meski banyak melewati lika liku. Tahap akhir ini yang menentukan segalanya.  Yup pemasaran. Kami merancang tehnik marketing yang baik, semua melaksanakan sesuai jadwal. Woro-woro iklan di sana sini, semua yang terlibat turut mempromosikan. Tidak bergantung hanya pada item yang dijanjikan tapi kami semua bahu membahu untuk mencapai target yang kami sepakati. 

Kami memasrahkan semuanya pada Allah. Tawakkal dan yakin Allah akan mencukupinya. Ini tahap paling akhir, kunci berhasil atau tidaknya proyek kami. Bismillaah... Sepuluh hari kami rencanakan untuk mempromosikan agar tercapai target maksimal, ya minimal 60% bisa terpenuhi. Tak mau muluk-muluk karena kami sadar di era pandemi ini, hanya segelintir orang yang mungkin akan melirik untuk membeli buku kami. Mereka lebih berpikir untuk membeli kebutuhan pokok daripada buku. 

Qadarullah, kami berencana tapi Allah yang menentukan. Tidak sampai sepekan target kami tercapai, bahkan hanya dalam 4 hari saja 500 buku sudah dikeep pemesan. Alhamdulillaah...

Ayat-Nya tak pernah bohong. Siapa yang memasrahkan diri (tawakkal) pada-Nya, Alaah akan mencukupinya. Juga karena jutaan doa yang melangit dari teman-teman semua kami berhasil dalam proyek ini. 

Alhamdulillah, Allah menggerakan hati mereka. Terma kasih untuk semua yang sudah men-support kami tiada henti. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran