Day 23 Al Qur'an Journaling: Qs. Al Ikhlas 1-2 ~ Allah Tempat Bergantung


Keluhan-keluhan menggema di telinga, begitu dekat. Pandemi ini memicu banyak letupan emosi. Seorang istri protes pada suami yang tak lagi memberi jatah bulanan. Seorang anak protes pada ibunya yang tak lagi memberinya uang jajan. Seorang pekerja protes pada atasan yang memberhentikannya secara tiba-tiba tanpa uang pesangon, dan masih banyak lagi. 


Mungkin juga ada tetangga yang protes kenapa rumah sebelah tidak peka akan kondisinya. Faghfirli... Seorang pedagang pinggir jalan protes karena tak ada satu pun pembeli yang mampir ke lapaknya.  
Protes sana sini, komplain ini itu, ke sana kemari dan akhirnya bertumpu protes pada Allah. Kenapa semua bisa terjadi? 

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَد

"Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu." 
(Qs. Al Ikhlas:1-2)

Sejak awalnya sudah salah, menggantungkan harapan kepada selain Allah. Saat tempat bergantung kolaps maka khilaf tak tentu arah. Semestinya hanya kepada Allah-lah kita bersandar, bergantung, dan menjadikan andalan. Bukan kepada yang lain. Inilah inti tauhid. Ini pulalah yang semestinya kita pertajam dari waktu ke waktu, dan kita ajarkan pula kepada anak-anak kita.

Sangatlah penting menyemai serta mengukuhkan keyakinan ini dalam jiwa kita. Allah saja tempat bergantung segalanya. Mewariskan ini kepada generasi di belakang kita adalah kewajiban kita para orang tua. Warisan harta bisa dengan mudah berakhir, entah karena dipergunakan, rusak, dicuri, diberikan, dibagi, dan seterusnya. Warisan pekerjaan pun bisa saja tamat seiring pergantian zaman, bukan? 

Ketika anak-anak dihadapkan pada masa sulit ia tak lantas serta merta menghujat tapi langsung mengembalikan semua yang terjadi pada Penentu Takdir. Mengantungkah harapan hanya pada-Nya. Yakin Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik. 

Allah adalah tempat bergantung segala sesuatu, maka seharusnyalah kita bergantung sepenuhnya hanya pada-Nya. Jika kita telah bergantung hanya kepada-Nya, maka kita tak akan pernah meminta sedikit pun kepada selain DIA (Allah).

#quranjournal
#quranjournaling
#tantanganramadan1441HRumlit 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran