Day 14 Al-Qur'an Journaling ~ Qs. Al Isra:7 ~ Senantiasa Berbuat Baik


Senantiasa Berbuat Baik 

إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا

"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri," (Qs. Al Isra:7)

Baca ayat di atas saya mikir gini, mau ngapain aja manusia, rajin beramal baik, selalu bikin dosa, semua itu ga ngaruh ke Allah. Karena jelas-jelas di ayat-Nya dikatakan apa yang dilakukan berimbas pada diri sendiri. Jika berbuat baik berarti kebaikan untuk diri sendiri, dan sebaliknya, bikin onar... ya elo yang kena juga. 



Saat baca tafsir dan mencari tahu asbabunnuzul-nya saya baru benar-benar 'ngeh' maksud ayatnya. Dahulu Bani israil ini super-super pembangkang sekali. Hingga Allah menurunkan ayat ini sebagai penegasan bahwa Allah tak membutuhkan amalan-amalan mereka. Mereka berbuat baik tentu balasannya kebaikan pula untuk mereka, jika mereka pembangkang maka tunggu saja apa yang akan menimpanya. 

Berbuat baik balasannya kebaikan pula, sudah menjadi sunnatullah. Karenanya mudahkanlah urusan orang lain jangan mempersulitnya, karena Allah berjanji akan memudahkan urusan kita di dunia dan akhirat. 

"Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan membantu keperluannya." (HR Bukhari – Muslim)
"Barangsiapa memudahkan orang lain yang sedang kesulitan niscaya Allah akan memudahkan baginya di dunia dan di akhirat." (HR Muslim)
Perbanyaklah kebaikan dengan mengerjakan semua aktifitas dengan landasan memberi manfaat kepada diri sendiri dan orang lain, dengan niat ibadah, sukarela tanpa harus dibebani ada balasan materi dari sesama, niscaya kebaikan itu akan memantulkan hasil baiknya. Semakin banyak karya yang diberikan, semakin produktif dan semakin banyak output manfaat, akan semakin banyak amal kebaikan dan semakin banyak pula keberkahan (kebaikan yang berkelanjutan), bukan begitu? 
Marilah kita mulai perbaiki diri kita untuk menjadi lebih baik lagi, karena sebaik-baiknya diri adalah yang hari ini jauh lebih baik dari hari kemarin.
#quranjournal
#TantanganRamadan1441HRumlit
#ramadannote
#zyassnote

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran