Sunnah-sunnah IdulFitri


Temans, hari ini Ramadan terakhir, rasanya tak ingin ia pergi. Betapa masih kurang maksimal ibadah yang dilakukan, masih ingin berlama-lama di Ramadan untuk menyempurnakannya, ya. Oiya, sudahkah menunaikan zakat fitrah? Zakat fitrah adalah penyempurna amalan Ramadan. Selanjutnya esok hari, insyaAllah adalah hari kemenangan bagi orang-orang yang berpuasa, yakni. Hari Raya 'Idulfitri'   

Salah satu sunnah di hari IdulFitri adalah menjalankan salat Ied di pagi hari. Tapi Idulfitri kali ini tak sama dengan sebelum-sebelumnya. Pemerintah melalui fatwa MUI telah menyampaikan bahwa salat Idulftiri dilaksanakan #dirumahaja untuk memutus rantai penyebaran Covid 19. Dan untuk zona hijau bisa dilakukan salat Idulfitri berjamaah namun tetap harus mengikuti protokol yang berlaku. 

Meski Idulfitri #dirumahaja. Kita masih tetap bisa melakukan amalan- amalan sunnah yang dijalankan sebelum melaksanakan salat IdulFitri, di antaranya: 

1. Mandi dan memotong kuku
Sebelum melaksanakan salat Idul Fitri disunnahkan untuk membersihkan diri dari kotoran. Yakni dengan memotong kuku tangan dan kuku kaki, setelah itu mandi untuk membersihkan diri dari hadas kecil maupun besar.
2. Memakai pakaian terbaik dan wangi wangian
“Rasulullah SAW memerintahkan kami agar pada hari raya mengenakan pakaian terbaik, memakai wangi-wangian terbaik,” (HR Hakim).
Meskipun salat Idulfitri #dirumahaja kita tetap harus memakai pakaian yang terbaik. Pakaian yang bersih dan tidak menarik perhatian. Jangan lupa juga untuk memakai wewangian. 

3. Makan sebelum melaksanakan salat IdulFitri
Sunnah yang lainnya yakni sebelum melaksanakan salat IdulFitri disarankan untuk makan/sarapan, hal ini sebagai pertanda bahwa puasa telah berakhir.
Adapun HR Malik bin Anas menyebutkan bahwa Rasulullah SAW tidak keluar pada Hari Idul Fitri sebelum memakan beberapa biji buah kurma.
4. Mengumandangkan takbir hingga menjelang salat
Biasanya umat muslim mengumandangkan takbir sejak malam hingga menjelang salat Idulfitri. 
"...dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan shaum serta bertakbir (mengagungkan) Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukuran," (Qs. Al Baqarah:185).

5. Melewati jalan yang berbeda antara pergi dan pulang
Jika salat IdulFitri di luar, hendaklah rute perjalanan yang berbeda saat pulang dan pergi ke tempat salat. Selain itu disunnahkan rute keberangkatan lebih panjang daripada jalan pulang.  
"Sesungguhnya Nabi SAW pernah pergi melaksanakan salat Ied dengan mengambil satu jalan dan kembalinya mengambil jalan yang lainnya." (HR Abu Dawud).

6. Saling mengucapkan selamat (tahniah al-id)
Saat IdulFitri disarankan untuk mengucapkan selamat dan saling mendoakan antar umat muslim.
Kalimat yang diucapkan di antaranya, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, artinya semoga Allah menerima amal kami dan kalian. 

Baiklah, akhirnya ijin kami zyasfamily (Umi, Abi, Ozan, Azima, Aghnia dan lilbaby Shaki) menyampaikan, Selamat IdulFitri 1441 H Taqabbalallahu minna wa minkum, maaf lahir batin. 



#Idulfitri1441H
#haditsjournal
#quranjournal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran