Pintar Mengatur Waktu, Yuk


Judul buku: Seni Mengelola Waktu

Penulis: Brian Adam  

Penyunting: Tyas Thea 

Penerbit: Bright Publisher

Tahun terbit: 2020
 
Tebal: 184 halaman 

Di kehidupan yang padat dengan aktivitas ini, kita membutuhkan manajemen waktu yang baik agar bisa menyelesaikan semua kegiatan sesuai target. Karena apa, karena manajemen waktu yang baik adalah kunci kesuksesan hidup. 
Di dunia ini yang tidak bisa dihentikan--selain musibah dan ajal--adalah waktu. Waktu akan terus berjalan meski kita tak menghendakinya. Cobalah berkata, "berhentilah sejenak kau Waktu, aku tak bisa lagi bergerak!" Apakah waktu akan berhenti? Tentu saja tidak. Dia akan berputar dan terus berulang hingga aktivitas kita selesai atau tidak. 

Harta itu bernama waktu

Bisakah kita menunda waktu? Tidak mungkin. Yang bisa ditunda adalah aktivitasnya. Tetapi pasti ada dampaknya. Karenanya atur aktivitas dengan cermat sesuai waktu yang dipunya. Dan ternyata, semua orang punya waktu yang sama, 24 jam sehari. 

Dalam buku Seni Mengelola Waktu ini Brian Adam sangat memuja waktu. Kita dituntun untuk menghargai waktu yang ada dan tidak menyianyiakannya. Karenanya, aturlah waktu untuk yang baik-baik dan berguna saja. 

Buku tentang waktu sudah banyak kita temui dan baca, tapi dalam buku ini Brian Adam menuliskan bahwa manajemen waktu bisa dipraktikkan oleh siapa saja dan ternyata amat mudah, bahkan bisa tampak sebagai sebuah seni. 
Seni Mengelola Waktu di buku ini menitikberatkan agar waktu tidak terbuang percuma, dan bagaimana memanfaatkan waktu luang, sehingga tidak melakukan hal yang sia-sia. 

Seni mengelola waktu 

"Waktu Anda dapat secara efisien dikelola dengan baik jika Anda membuat jadwal yang tepat. Jadwal tersebut akan memperlihatkan dengan jelas kapan suatu urusan dimulai dan kapan harus selesai." Halaman 25.

Apa yang dilakukan agar waktu kita 'nyeni?' 
Buatlah jadwal kegiatan agar semua yang dilakukan menjadi terarah dan tidak melenceng ke mana-mana. 

Setelah menuliskan to do list, maka tetapkan skala prioritas dalam kegiatan yang ada. Pilih mana yang harus lebih dulu dikerjakan dan mana yang bisa didelegasikan. Setelah itu fokuslah terhadap jadwal yang sudah dibuat. 

Terakhir, jangan lupakan waktu untuk diri sendiri, me time. Ini pun penting agar hidup tidak melulu mengejar target tetapi lupa bahwa raga dan pikiran pun butuh istirahat sejenak. Menepilah beberapa saat dari aktivitas jika dirasa sudah mulai bosan atau tidak nyaman. Me time ini diperlukan untuk mengembalikan mood ke semula.  Me time-lah sejenak dan nikmatilah apa yang ingin dinikmati. 

"Menikmati hobi yang Anda miliki adalah salah satu cara untuk menghargai waktu yang dimiliki. Melakukan hobi yang diminati akan membuatmu lebih bersemangat dan memudahkanmu dalam mengelola waktu." Halaman 105.

Kelebihan dan kekurangan buku

Selain membeberkan pentingnya manajemen waktu, Brian Adam juga menyajikan pentingnya menghemat waktu. 

Manajemen waktu yang salah akan berakibat pada pemborosan waktu, karena kemungkinan akan banyak waktu terbuang jika hanya fokus pada satu kegiatan saja. Karenanya di akhir buku juga dipaparkan rahasia manajemen waktu yang baik. Juga ada fakta unik dan istilah tentang waktu. 

Tampilan buku dengan huruf yang standar dan nyaman dibaca, sayangnya hanya satu warna saja. Jika dilengkapi dengan warna lain untuk sub judul dan poin-poin penting lainnya, buku akan semakin menarik dan tidak membosankan. Akan lebih bagus lagi jika disertai dengan gambar, skema dan bagan tentang pembagian waktu yang dipaparkan agar pembaca bisa lebih memahami manajemen waktu yang dibahas.  

Untuk kita yang masih sukar memilah waktu yang dipunya dengan baik, buku ini sangat layak dijadikan acuan. Buku Seni Mengelola Waktu ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi untuk lebih pandai mengatur waktu dengan baik.  

Berikut kutipan quote yang dinukil dari buku ini.

Saat ini sama seperti saat-saat yang lain, merupakan waktu yang berharga, jika kita tahu apa yang meski kita lakukan dengan waktu yang ada. ~ Ralph Wardo Emerson

Kabar buruknya adalah waktu berlalu. Kabar baiknya adalah kamu yang mengendalikannya. ~ Michael Altshuler 

Selamat menyelami waktu dan nikmatilah. Karena waktumu amat berharga. 

#bookreview
#zyasreview
#bukubagus
#tentangwaktu
#tantanganrumlit



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran