5 Aktivitas Produktif Ibu Rumah Tangga saat di Rumah Aja

Sudah berapa lama di rumah aja Bunda? Hampir 8 bulan pandemi merebak dan selama itu pula kita berada di rumah saja. Covid-19 ini benar-benar berdampak besar dalam kehidupan masyarakat. Seluruh lapisan masyarakat terkena imbasnya. Tak terkecuali kita para ibu rumah tangga. 

Ibu rumah tangga yang kesehariannya memang sudah di rumah aja, kini ditambah dengan 'pekerjaan' tambahan mendampingi anak-anak yang bersekolah dari rumah. Belum lagi suami yang tiba-tiba harus work from home. Bukankah itu menambah rasa lelah Bunda? Akhirnya produktivitas Bunda pun berkurang. 

5 aktivitas produktif yang bisa ibu rumah tangga lakukan di rumah



1. Berkebun 


Berkebun selain mengasikkan ternyata juga sangat bermanfaat menambah produktivitas ibu rumah tangga di rumah. Berkebun sayuran selain menjaga ketahanan pangan keluarga juga bisa menambah penghasilan. Bunda bisa menjual hasil kebun pada para tetangga sekitar dan teman-teman. 

Pict: Canva


Berkebun dan menanam tanaman hias selain untuk estetika, menambah indah teras dan halaman rumah Bunda juga, kan. Ibu rumah tangga di rumah juga bisa menambah penghasilan dengan menjual tanaman yang sudah berkembang biak dan mempunyai banyak anakan.


2. Menjahit


Menjahit juga merupakan salah satu aktivitas yang bisa ibu rumah tangga lakukan untuk meredakan stres yang menghampiri. Dengan menyatukan pola kain, bahan dengan warna yang cantik-cantik memberikan efek yang menenangkan bagi Bunda.  


Pict: Canva



Tak perlu mahir menjahit baju aneka model, Bunda bisa memulainya dengan menjahit tas kecil yang simpel, menjahit masker aneka bahan dan corak yang colorfull menjadi tren saat pandemi ini. Jadi selain sebagai stress release, menjahit bisa menambah penghasilan adalah aktivitas yang produktif yang bisa dilakukan di ibu rumah tangga rumah saja.  


3. Memasak

Memasak merupakan aktivitas yang setiap hari ibu rumah tangga lakukan. Setiap pagi dan sore Bunda memasak menu keluarga, bukan? Tentu tidaklah sulit menjadikan memasak ini aktivitas yang produktif dan menghasilkan. 

Pict: Canva


Ibu rumah tangga yang pandai memasak aneka sayur dan lauk pauk, bisa dicoba untuk sesekali menyisihkan masakannya untuk tetangga agar mereka mencobanya. Setelah mereka merasakan masakan Bunda yang lezat, akhirnya mereka tertarik. Nah, selanjutnya Bunda bisa mencoba menawarkannya. Satu peluang pun tercipta. Bunda bisa membuka jasa catering atau menerima jasa masak panggilan jika ada acara. Tidak ada salahnya untuk dicoba bukan?


4. Membuat kue


Membuat kue bagi sebagian ibu rumah tangga adalah me time. Dan membuat kue bersama keluarga adalah aktivitas yang menyenangkan. Melibatkan anak-anak dalam membuat kue sangatlah seru. 

Pict: Canva

Membuat kue bersama anak-anak adalah salah satu kegiatan yang sangat produktif dan efektif dalam menumbuhkan kasih sayang dalam keluarga. Ibu rumah tangga ter-recharge kembali energinya. Anak-anak senang melakukannya dan mereka sangat antusias. Apalagi jika ada even market day di lingkungan tempat tinggal Bunda, anak-anak akan sangat senang dilibatkan sebagai penjual, terlebih kuenya adalah hasil buatan mereka sendiri. Asik, kan, Bunda? Semua ibu rumah tangga di rumah pasti bisa melakukannya. 


5. Menulis 


Aktivitas yang satu ini mungkin bagi sebagian orang sulit. Tapi percayalah, semua orang bisa menulis. Banyak ibu rumah tangga merasa belum bisa menulis. Itu mungkin karena Bunda belum pernah mencobanya. Orang lain biasanya berkata 'aku tak bisa menulis, aku hanya penikmat bacaan'. Padahal mereka bisa tahu membaca itu nikmat tapi kenapa tak bisa menulis? karena tak pernah mencoba. Padahal sebenarnya tanpa sadar ibu rumah tangga itu sudah sering menulis, loh. 

Pict: Canva 


Bunda punya akun media sosial? Bunda sering memperbarui status? Update status secara berkala, satu jam sekali, wkekekk. Bukankah itu menulis? 
Tulislah keseharian Bunda sebagai ibu rumah tangga, apa saja. Apa saja yang biasa ibu rumah tangga lakukan. Mulai dari tips memasak, tips menemani si kecil belajar, variasi menu bekal keluarga, tips berkebun, pola jahitan sederhana, dan sebagainya. Bukankah itu ide yang sangat bagus? Mulailah menulis dari sekarang dan abadikan tulisan Bunda. Bunda bisa membukukan tulisan-tulisan itu agar bisa dibaca banyak orang. Dan impian Bunda yang ingin disebut ibu rumah tangga penulis bisa terwujud.


Nah, begitu banyak aktivitas produktif yang bisa ibu rumah tangga lakukan dari rumah saja. Jadi jangan melulu mengeluh bosan menghadapi anak-anak, Bunda yang tahu bagaimana cara mengatasinya. Ibu rumah tangga pun butuh me time sejenak, maka beralihlah ke aktivitas lain, tentunya tetap yang produktif. Semangaat Bunda.   

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran