5 Pupuk Terbaik untuk Tanaman Hiasmu

Bunda sudah mulai menanam tanaman hias? Alhamdulillah semoga tumbuh subur, cantik dan beranak pinak yang banyak. 

Siapa yang tidak ingin melihat tanaman hiasnya tumbuh subur dan menenangkan hati jika di pandang? semua pasti menginginkannya. Untuk mendapatkan tanaman yang cantik tentu ada peran perawatan yang baik di dalamnya. Salah satunya pemupukan. 

Pupuk sangat penting dalam menjadikan tanaman hias Bunda subur dan rimbun. Pupuk adalah nutrisi yang membuat tanaman Bunda tumbuh lebih baik. Tapi, pemilihan dan pemakaian pupuk tidak boleh sembarangan. Bunda harus paham terlebih dahulu jenis pupuk dan sesuai untuk tanaman jenis apa saja. 

Kali ini Zya's Corner telah menghimpun beberapa informasi berikut ini agar Bunda tidak salah memilih pupuk untuk tanaman yang tepat. 


Tips memilih pupuk 


Pilih pupuk yang berkualitas tinggi. 

Bunda harus bisa memastikan membeli pupuk yang berkualitas dengan tujuan untuk mendapatkan tanaman tumbuh dengan baik. Caranya Bunda bisa melihat atau bertanya tentang kandungannya dan sesuai dengan jenis tanaman. 

Pilih pupuk yang sesuai dengan jenis tanaman. 

Setelah mengetahui kualitas pupuk terbaik, tentu banyak jenis pupuk yang bagus. Bunda tidak perlu membeli semuanya. Pilihlah yang sesuai dengan tanaman yang Bunda miliki dan sesuai kebutuhan tanaman. Bunda punya tanaman hias berdaun, ingin daunnya rimbun. Maka pilih pupuk untuk daun. Jika ingin tanaman berbunga, berbuah lebat dan cantik, pilihlah pupuk untuk perangsang bunga dan buah. Jadi pastikan Bunda membeli pupuk yang tepat untuk tanaman Bunda. Jangan salah pilih karena nanti hasilnya akan berbeda. 


Pilih pupuk dan tempat membeli yang terpercaya. 

Pupuk yang aman digunakan adalah pupuk yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya untuk tanaman. Dan pupuk tersebut harus sudah memiliki sertifikat dari Departemen Pertanian, jadi sudah terjamin aman untuk digunakan karena telah lolos dari pengujian oleh para ahli terpercaya. 
Dan jangan lupa, Bunda juga membelinya di toko terpercaya, toko khusus yang menjual pupuk dan aneka produk pertanian. Jika Bunda membeli melalui marketplace, pastikan tokonya memiliki banyak pelanggan dan testimoni yang diberikan bisa dipertanggungjawabkan. 

Pupuk terbaik untuk tanaman


Bunda sudah mengetahui cara memilih pupuk yang baik, kini saatnya Bunda membeli pupuk yang cocok untuk tanaman Bunda. Berikut Zya's Corner merekomendasikan beberapa pupuk terbaik untuk tanaman Bunda. 



Pupuk NPK mutiara 16-16-16

Pupuk NPK mutiara 16-16-16 ini mengandung 16% N (Nitrogen) 16% P205 (Phospate) 16% K20 (Kalium) 0.5% MgO (Magnesium) dan 6% CaO (Calsium). 
Dengan kandungan yang dimilikinya pupuk NPK Mutiara ini sangat bermanfaat menjadikan daun tanaman lebih segar dan hijau sehingga proses fotosintesis menjadi lancar. NPK Mutiara juga meningkatkan perkembangan akar menjadi lebih sehat, kuat dan lebat. Mempercepat tumbuhnya anakan baru. Jadi sangat cocok untuk tanaman hias seperti aglaonema, caladium dan calathea. 


Pupuk Vitamin B1 Liquinox Start

Sepertinya ini pupuk yang paling tenar sejagat pertanaman hias. Pupuk Vitamin B1 ini terkenal sebagai hormon anti stres bagi tanaman. Pupuk ini sangat baik digunakan saat Bunda melakukan repotting dan memindahkan tanaman yang baru Bunda beli ke pot baru. Juga sangat baik digunakan di masa pertumbuhan tanaman. 
Pupuk ini mengandung P2O5 2.0%, Iron (Fe)  0.10% sebagai FE-EDTA, vitamin B1 (thiamine mononitrate)  0.10% dan NAA 0.04%. Komponen-komponen ini sangat berperan dalam metabolisme tanaman sehingga tanaman yang mengalami stres karena bare root (pengiriman tanpa media tanam)  atau karena repotting bisa berangsur segar dan beradaptasi dengan baik.  

Herbafarm Pupuk Cair 

Herbafarm pupuk cair adalah pupuk organik yang mengandung nutrisi dari bahan-bahan organik yang bermanfaat bagi tanaman. Herbafarm pupuk cair juga diperkaya dengan mikroba cair. 
Herbafarm ini di proses dari produk samping industri jamu dengan bahan baku rempah-rempah dan tanaman obat. Herbafarm mengandung unsur hara makro dan mikro yang sangat dibutuhkan tanaman. 

Pupuk Kompos

Pupuk yang dibuat dari sampah organik sayuran dan buah-buahan. Sampah-sampah tersebut diuraikan oleh mikroorganisme dan cacing. Pupuk kompos sangat baik untuk mengembalikan unsur hara yang hilang pada tanah, memperbaiki drainase dan meningkatkan sirkulasi air serta udara yang penting bagi pertumbuhan tanaman. 

Pupuk Kohe Kambing 

Pupuk yang berasal dari kotoran kambing yang dikompos dahulu hingga matang sebelum digunakan. Ciri-ciri kohe kambing yang matang suhunya dingin, tidak berbau dan kering. Kohe kambing mengandung K yang lebih tinggi dibandingkan jenis pupuk kandang lainnya. 

Pupuk kohe ini biasanya ditambahkan pada paruh kedua pemupukan untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah. 

Demikian macam-macam pupuk yang bisa Bunda gunakan dalam berkebun. Semoga tanaman hias Bunda tumbuh subur dan sehat. Semangaat Bunda. 

Komentar

  1. Mantul Mak, makasi sharingnya yak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh ada mami Aish... Alhamdulillaah, sami sami yo mbak, semoga bermanfaat 😊

      Hapus
  2. Mau dong pupuk yang dari serba kulit dibikin artikelnya. Kemarin itu aku pake pupuk dari kulit pisang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ada mbak Desi juga...
      InsyaAllah nanti kalo sudah praktik aku buat juga artikelnya mbak.
      Kemarin baru eksperimen pupuk cangkang telur.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran