Baru Pasang TLD di Blog, ke Mana Aja?

 

Pliss deh jangan nanya gitu ke aye, seddiih ayetu kalo digituin. Hiksss... 
Kenapa ga dari dulu pasang TLD blog? Pake nama sendiri kan lebih kece kelihatannya? 
Iya, aye ngaku deh, nyesel kenapa ga dari dulu. Etapi kalo aye ngaku gaptek soal per-blog-an kalian pasti ga percaya, kan. Tuh, kaaan?

Percaya deh, urusan menulis blog yang bener  aye tuh beneran buta. Kalo nulis yang lain boleh tanya deh. Ooh mahir? Biasa juga sih. Hikss. 
Jadi aye tuh sebenarnya rajin nulis, nulis apa aja kalo lagi semangat bisa banyak. Cuma ya itu kalo mau ditaruh di blog ya paling cuma teks doangan. Nyempilin pict aja awalnya ga bisa, loh. Jadi cuma bisa masukin gambar satu doang, sedih kaan. Mau nanya juga malu duluan karena yang ditanya pasti ga percaya kalo aye emang ga bisa beneran. 

Hellowww ... emang aye sekeren apa siih di mata kalian? Wkwkwkkk #sokgayahh

Jadi tulisanku tuh kebanyakan tersimpan rapi aja di laptop, di evernote, di WPS. Ya gitu-gitu aja. Aku juga termasuk jarang yang update status di media sosial. Supaya lebih enak pake 'aku' ya. 

Duluuu banget rajin update, tapi tiga tahun belakangan entah kenapa aku rasanya malas memberitahukan pada dunia apa kegiatanku. Paling banter di wa aja rajinnya. Itu juga karena kita bisa mengatur sendiri status itu untuk siapa. Privacy milik kita gituh dehh.  

Trus kapan mulai pasang TLD? 


Pake domain ini niatnya sih udah lamaaaa banget. Niat aja. Sampai pada satu ketika aku tertampar begitu sadar aku ga pernah update perkembangan bayiku di blog. Padahal saat ia belum lahir rencanaku terhadapnya banyak sekali. Begitu dia lahir ke dunia, duniaku teralihkan padanya. Dan aku sibuk di dunia nyata bahkan aku tak sempat menulis. Kegiatan menulisku cuma fokus pada satu hal waktu itu. Dan aku sedang hepi-hepinya punya bayi lagi. 

Tapi qadarullah, Allah lebih sayang bayiku dan ia mengambilnya kembali. Hikss, aku terpuruk sekali. Lebih sedih dan kecewa saat sadar tak pernah menuliskan tentangnya di blog ini. 

Saat itu aku bertekad akan lebih rajin menulis di blog. Apa saja. 
Blog kuisi dengan aneka tulisan dari resep masakan hingga journaling quran. Padahal waktu itu aku sudah nentuin niche yakni soal perdapuran. Tapi pada praktiknya ternyata melenceng juga. 

Kulwhapp tentang Blog


Beberapa waktu lalu aku nyemplung ke wag kulwhapp tentang blog. Aku cuma nulis aja di blog tanpa tahu ilmunya. Karenanya aku beranikan diri menyimak. Di situ aku tersadar, ke mana aja selama ini. Blog udah ada sejak 2015 tapi tak menghasilkan apa-apa, tulisan pun bisa dihitung dengan jari. Meski mungkin belum bisa profesional di blog tapi aku mau bisa menulis dengan baik sesuai kaidah yang benar. Supaya tulisanku nantinya bisa dibaca banyak orang. 

Akhirnya aku putuskan aku harus punya domain dengan nama sendiri. Tekad aja dulu, padahal belum bisa gimana caranya wkwkwkkk. Aku tanya-tanya teman jawabannya bikin pusing, aku baca-baca tutorialnya juga ga maksimal. Aku ini tipe visual yang harus diajari langsung praktik, kalo cuma baca teori aku ga bisa. 

Oke, akhirnya aku chat salah satu teman minta bantuan bagaimana caranya blog aku bisa berubah jadi dotcom. Ternyata dia juga katanya ga bisa dan itu dibuatin sama suaminya, hahaha samaan dong kita kakak. 

Singkat waktu, cuma sehari ga lama kok, blog aku pun akhirnya naik kelas juga. Tanggal 28 November nama blogku resmi berubah jadi zyaverani.com, alhamdulillah.

Satu pr lagi, aku belum bisa menulis keren. Paling cuma begini. Doakan lebih baik lagi ke depannya. Terima kasih tak hingga untuk kakak-kakak yang sudah membantu. Gomawo. 

Masih banyak pr sebenarnya. Nentuin niche, bikin header blog yang bagus. Gimana cara masukin link tulisan, aku juga belum bisa. Ajariiin kakak... 

Eniwey, welcome December, please be nice with me 😬😬
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran