Mengenal Aglonema dan Manfaatnya

Siapa yang tidak tahu aglonema? Saat ini tanaman yang dulu lebih dikenal dengan nama Sri Rejeki ini sedang naik daun. Kini aglonema menjadi hits di tengah para pecinta tanaman hias.  

Tanaman aglonema dengan nama lain Chinese Evergreen ini mendapat julukan sebagai Ratu Daun. Karena pesona corak daunnya yang cantik, aglonema menjadi buruan kolektor tanaman hias.  

Pesona daunnya yang memukau dan memiliki banyak motif menjadikan aglonema tertentu sebagai tanaman paling mahal di kelasnya.  

Tidak hanya pesona daunnya tapi ternyata aglonema juga disebut sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Hal ini pula yang menjadi daya tarik setiap orang yang ingin memiliki tanaman ini. 

Habitat aglonema 


Aglonema termasuk tanaman suku talas-talasan (Araceae) dengan genus lebih dari 30 spesies. Habitat asli tanaman ini adalah di daerah hutan hujan tropis. Aglonema dapat tumbuh dengan baik di area dengan intensitas pencahayaan rendah dan kelembapan tinggi. Jadi aglonema cocok diletakkan di tempat teduh, tapi tetap butuh juga dijemur sesekali.
 
Aglonema lipstik atau Siam aurora

Akar aglonema 


Aglonema memiliki akar serabut dengan batang tak berkambium. Daunnya bercorak mencolok dan cantik. Spesies alami aglonema cenderung berdaun hijau, sedikit putih atau ada yang cenderung gelap. 
Namun saat ini aglonema hibrida telah banyak dikembangkan. Penampilan aglonema hibrida lebih menarik dan memikat dengan warna, bentuk dan ukuran daunnya yang lebih bervariatif. Ada yang merah terang, merah muda, kuning bahkan keemasan. Dan harganya pun berbeda-beda.  


Tanaman aglonema tidak hanya cantik tapi juga menyimpan banyak manfaat, di antaranya: 

Menyerap racun di udara

Aglonema dapat membersihkan udara dan menyerap racun terutama di ruangan tertutup. Bunda bisa meletakkan aglonema di ruang tamu bahkan di kamar tidur. Dengan adanya aglonema di dalam ruangan bisa menghilangkan racun seperti karbon monoksida, benzena, dan sebagainya.

Meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan

Karena aglonema dapat menyerap racun di udara maka udara di sekitarnya menjadi bersih dan sehat karena terjamin kualitasnya. 

Aglonema silver 

Memicu produktivitas kerja

Ada riset yang mengatakan bahwa keberadaan aglonema di ruang kerja menularkan semangat kepada siapa saja di dalam ruangan tersebut. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.  

Mengurangi stres dan kelelahan

Jika Bunda merawat aglonema 10 menit dalam sehari saja, perasaan Bunda menjadi lebih segar, karena tingkat stres Bunda jauh berkurang.  
Setiap pagi, sambil mengelap daun aglonema, Bunda bisa mengajaknya bicara. Bicaralah seperti bicara pada seseorang, aglonema akan mendengarkan dan merespons balik. Kok bisa? Iya, Bunda bisa mengajaknya bicara dan berdoa agar tanaman Bunda tumbuh subur dan tidak ngambek. Dan akhirnya ia akan berbakti dengan mempersembahkan kecantikannya yang memukau. 


Menambah konsentrasi dan daya ingat

Tidak hanya aglonema, semua tanaman yang Bunda miliki 'memaksa' Bunda untuk berkonsentrasi dan mempertajam daya ingat. Bunda dipaksa untuk tidak lupa kapan waktu pemupukan, purning time, cek kelembapan dan kapan harus repotting tanaman.  

Aglonema Kochin Paramruay

Peluang bisnis yang menjanjikan

Aglonema hibrida saat ini paling dicari. Semua kolektor tanaman hias pasti memilikinya. Sebut saja aglonema Sulthan Brunei dengan warna daun keemasannya. Ada juga Suksom Jaipong dengan warna merah menyalanya. Keluarga Anjamani dengan Dud anja, Red Anja, pink Anja dan White Anja, semua sangat mempesona. 
Saat ini aglonema Golden Hope menempati urutan pertama sebagai aglonema dengan harga paling fantastis, harganya bisa mencapai 30 juta rupiah. 
Bunda memiliki beberapa jenis aglonema di atas? Berbahagialah, Bunda bisa memperbanyaknya dan kemudian menjualnya. Penjualan aglonema saat ini sangat menjanjikan. Banyak penjual tanaman hias dadakan yang berangkat dari koleksi tanamannya sendiri. Kualitas tanaman tentu sudah tidak diragukan lagi karena Bunda merawatnya dengan cinta laksana merawat keluarga sendiri. Bukan begitu Bunda?


Ayo mulai menanam aglonema


Tunggu apa lagi, tidak ada alasan untuk tidak mempunyai tanaman aglonema di rumah. Selain memanjakan mata aglonema juga membuat rileks bagi yang memandangnya.
 
Aglonema lokal yang tak kalah cantik

Bunda bisa memulainya dari jenis yang umum dan tidak terlalu mahal, seperti donacarmen, lipstik, aglo tisu, blancheng white, dan sri rejeki.  Aglonema murah bukan berarti dia tidak bagus. Jika Bunda merawatnya dengan baik dia akan tumbuh subur, sehat dan memunculkan warna yang memukau. 

Selamat menanam dan berbahagialah, Bunda.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran