Propagasi Sirih Gading dan Perawatannya

Sirih Gading (Epipremnum aureum) adalah salah satu jenis tanaman hias merambat yang mudah diperbanyak dan sangat mudah ditemui di mana-mana. 

Sirih Gading termasuk tanaman yang tidak manja, tidak mudah stres sehingga mudah diperbanyak. Sirih Gading juga tahan tidak diletakkan di media tanam dan tidak disiram berhari-hari. 

Jika Bunda memangkas Sirih Gading yang sudah terlalu rimbun lalu ada beberapa yang terjatuh di tanah, ia akan tetap hidup meski tidak ditanam. Karenanya ada yang menyebut Sirih Gading sebagai 'tamanan bandel.' 

Sirih Gading kini banyak dilirik orang karena kesederhanaan, kemudahan merawat dan pesona corak daunnya. Sirih Gading banyak jenisnya, di antaranya Sirih gading hijau, Sirih gading lemon, Sirih gading marbel, Sirih gading N joy, dan banyak lagi jenis lainnya. 

Tanaman Sirih Gading dapat tumbuh 15-30 m dengan merayap, diameter batang Sirih Gading bisa mencapai 4 cm, loh, Bunda. Akar Sirih Gading bisa menempel di permukaan yang kasar seperti kayu, tembok kasar, batang pohon, dan lain-lain. 

Sirih Gading sangat cocok dijadikan tanaman indoor maupun outdoor.
 

Bagaimana cara memperbanyak Sirih Gading? Mudah sekali, Bunda bisa langsung mempraktikkan langkah-langkah propagasi Sirih Gading yang Zya's Corner bagikan berikut ini. 

propagasi sirih gading

1. Pilih batang indukkan
  • Mulailah dari memilih batang tanaman Sirih gading yang akan dijadikan tanaman baru. Pilih batang dari tanaman yang sudah berumur, memiliki batang sedikit besar dan daun lebar. Tidak lebar juga tidak mengapa asal berasal dari batang tua dan sudah memiliki akar angin.
  • Potong batang dengan menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Potong perketiak daun atau perakar angin. 
  • Untuk Sirih gading N joy karena berdaun kecil, bunda bisa memotongnya tiap 3 akar angin. 

2. Oles atau celup pangkal batang dengan zat perangsang akar. Zya's Corner memakai Root up. 

3. Masukkan batang ke media tanam yang sudah disiapkan, bisa direndam dalam air, bisa juga langsung ke pot atau polibag. Atau bisa juga ditanam di tanah jika Bunda ingin menjadikan sirih gading sebagai tanaman yang merambat di dinding halaman. 

4. Tunggu 2-4 minggu, ganti air setiap 3-7 hari sekali. Hati-hati jangan sampai merusak akar yang sudah tumbuh. 

5. Setelah 2-4 minggu tanaman Sirih gading akan menumbuhkan akar. Ada yang rimbun ada juga yang sedikit. Tunas baru juga akan muncul. Ada yang besar dan ada yang kecil, tidak mengapa. Tanaman siap dipindah ke media yang baru. 

6. Siapkan pot dan media tanam yang sesuai. Alasi pot dengan daun kering atau sekam bakar. Karena Zya's Corner punya banyak sampah daun bidara kering makan pot dialasi dengan Daun bidara kering. 
Langkah-langkah propagasi sirih gading 

7. Sebelum ditanam, cuci akar dan tanaman Sirih Gading, untuk membersihkannya dari kuman yang mungkin terbawa dari media awal.
 
8. Masukkan media tanam dan tanam Sirih Gading dengan hati-hati. Bisa 2-3 batang sekaligus perpot agar cepat rimbun. 


9. Tanam Sirih Gading di pot, polibag, atau ditanah langsung. 

10. Letakkan tanaman di area yang terkena matahari. Boleh sepanjang hari boleh bertahap. Dalam 1 bulan ia sudah rimbun. 
Sirih gading usia 2 bulan

Sirih Gading cepat sekali rimbun, ia tanaman yang mudah tumbuh di mana saja dan tidak membutuhkan air yang banyak. Bisa diletakkan di dalam dan luar ruangan. Cukup siram maksimal 7 hari sekali atau jika media tanam sudah kering. 

Jika Sirih Gading kurus dan melambat pertumbuhannya segera cek media tanamnya. Biasanya terlalu kering atau terdapat semut di dalam tanah. Segera bongkar tanaman dan ganti media tanam, jangan lupa taburi obat anti semut. Zya's Corner merekomendasikan Furadan untuk anti semut, cocok untuk segala jenis tanaman hias.  


Baiklah, Bunda, kini propagansi tanaman tidak lagi sulit. Semoga di lain waktu Zya's Corner bisa menayangkan propagasi tanaman lain. 

Selamat berkebun dan bahagia selalu Bunda.  Tetap semangat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran