Cara Ini Bisa Mengawetkan Jahe, Kunyit dan Lengkuas Sehingga Tidak Bertunas

Untuk para Bunda yang hobi memasak tentu sudah tidak asing lagi dengan tiga rimpang berikut ini. Jahe, kunyit dan lengkuas adalah rempah wajib yang harus ada di dapur saat memasak. 

Meski kini telah banyak beredar jahe, kunyit dan lengkuas ekstrak dalam bentuk bubuk, tapi masih banyak juga yang lebih suka dengan bentuk utuh dan segar. Saya pun demikian, lebih suka dengan rempah-rempah asli dibanding dengan yang bubuk. Anak-anak lebih suka wanginya, menurut mereka aroma masakannya pun menjadi beda. 

Bagaimana dengan Bunda, lebih suka yang praktis atau yang alami? 

Jika lebih suka yang segar dan alami, ada pula kendalanya. Jahe, kunyit dan lengkuas di dapur cepat kisut, keriput dan bertunas, padahal stok masih banyak. 

Bagaimana cara penyimpanan yang tepat agar tetap awet, ya?

Yuk,  kita simak paparan tips dari Zya's Corner mengenai tehnik penyimpanan ketiga bumbu tersebut agar lebih awet dan tidak bertunas. 

Perhatikan kondisi fisiknya


Lengkuas

Pertahankan jahe, kunyit dan lengkuas dengan kulit luar yang halus dan tidak keriput. Jika terdapat keriput segera dahulukan untuk bumbu masakan, jangan disimpan, ya, Bun. 

Jangan kupas kulitnya


Jangan pernah mengupas kulit jahe, kunyit dan lengkuas jika ingin disimpan lebih dari satu hari, karena tidak akan tahan lama. 

Simpan atau bungkus dalam kemasan khusus


Jahe

Masukkan jahe, kunyit dan lengkuas dalam plastik kedap udara dan pastikan tidak ada tetesan air di dalamnya. Air akan memicu kelembapan dan akhirnya rempah-rempah tersebut akan busuk. 

Simpan dalam laci lemari es


Usai ditaruh dalam kemasan khusus, simpan rempah-rempah dalam laci lemari es, bagian bawah saja cukup, jika tidak ingin disimpan lebih dari satu pekan. 

Cek kondisi akar


Kunyit

Lakukan pemerikasaan setiap pekan jika jahe, kunyit dan lengkuas tidak ingin segera digunakan. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada jamur yang tumbuh di sekitar kulitnya yang akan membuatnya menjadi busuk. Jika terdapat jamur, segera potong bagian yang berjamur. Lalu cuci dan keringkan kemudian ganti wadah/plastik dengan yang baru dan kering. 

Bekukan


Pembekuan ini dilakukan jika Bunda tidak ingin menggunakan rempah tersebut dalam 1-2 minggu. Bekukan jahe, kunyit dan lengkuas dalam bentuk utuh, jangan memotongnya menjadi bagian yang kecil-kecil. Bentuk utuh lebih aman karena tidak cepat mengering. Suhu dingin dalam lemari es cenderung mengeringkan jahe, kunyit dan lengkuas dan akhirnya jadi keriput. 


Demikian Bunda, tips yang bisa dicoba di rumah. Semoga bumbu dapur di rumah bisa lebih awet. Selamat mencoba Bunda.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran