Sekilas tentang 5 Tanaman Pembersih Udara

Seusai melakukan aktivitas di luar seharian tentunya kita berharap ingin segera tiba di rumah. Beristirahat sejenak untuk menghilangkan penat. Tapi apa yang terjadi jika rumah tidak memberikan kenyamanan? 

Udara sekitar rumah panas dan pengap. Berada di ruang santai malah bikin jenuh. Mau menikmati makan malam yang hangat bersama keluarga malah jadi tak nikmat karena aroma dapur yang menyengat. 

Kenapa rumah jadi berbau tak sedap dan udara di dalam rumah pun jadi tidak segar?

Coba tengok sejenak, ada apa saja di rumah. Apakah di rumah Bunda banyak menggunakan perabot modern? Ingat, bahan sintetis pada perabot rumah tangga mengandung bahan kimia berbahaya lebih banyak dibanding perabot tradisional. 

Ternyata itulah sebab kenapa di rumah masih terasa sumpek dan tidak betah. 

Polusi udara di dalam rumah berasal dari perabot rumah tangga seperti karpet, alat kebersihan, alat-alat yang menggunakan listrik, peralatan dapur seperti oven, kompor gas dan banyak lagi. Belum lagi aneka barang dari plastik yang sudah tentu mengandung bahan kimia. 

Tanaman hias dapat menyerap racun berbahaya di udara, terutama di ruang tertutup yang sedikit ventilasi udaranya. Karenanya meletakkan tanaman hias di dalam rumah menjadi alternatif terbaik untuk memulihkan kualitas udara di rumah Bunda. 

Bunda bisa meletakkan beberapa tanaman pembersih udara di dalam rumah. Letakkan tanaman itu di setiap 9 meter persegi ruangan. Tak perlu tanaman yang besar, cukup tanaman berukuran 20-30 cm saja di tiap ruangan rumah, Bunda sudah bisa menikmati udara segar kembali. 

Tanaman apa yang sebaiknya diletakkan di dalam rumah? 

Berikut referensi tanaman yang bisa mengembalikan mood Bunda di rumah. 

1. Lidah Mertua (Sansiviera


Lidah Mertua (Sansiviera) 

Tanaman ini disebut juga tanaman ular karena bentuk daunnya yang memanjang seperti ular. Coraknya dominan hijau dengan warna kuning di tepinya. Ada juga yang berwarna silver dan hijau tua.
 
Lidah Mertua termasuk tanaman yang bandel, cocok diletakkan di dalam dan luar ruangan. Bahkan karena kemampuannya menetralisir udara yang kotor, kita bisa temui banyak Lidah Mertua ini di tepi jalan raya. 

Tanaman ular ini mampu bertahan di semua suhu, ia juga tahan tidak disiram berhari-hari. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di sudut ruang tamu atau ruang keluarga karena mampu menurunkan kadar benzena, xylene, dan toluena di udara dalam ruangan. 


2. Peace Lili (Spathiphyllum)


Peace Lili
 
Menurut NASA Peace Lili termasuk dalam tiga tanaman terbaik pembersih udara. Peace Lili bisa menghilangkan aroma amonia, formaldehida dan benzene. 

Peace lili bisa diletakkan di luar dan di dalam ruangan. Tanaman ini menghasilkan bunga yang cantik berwarna putih, kuning dan beberapa warna lain. 

Meski mudah perawatannya tanaman ini mempunyai efek samping berupa sensasi kulit terbakar dan iritasi kulit pada orang dewasa.


 3. Lili Paris (Chlorophytum comosum


Lili Paris 

Chlorophytum comosum atau biasa disebut Lili Paris ini sangat cantik bila ditanam di pot gantung. Daunnya memanjang dengan sulur putih dan hijau yang dominan. Terkadang menumbuhkan bunga kecil nan cantik yang berwarna putih. 

Lili Paris ini bisa membersihkan udara dengan cepat karena mampu mengempaskan zat beracun seperti formaldehida dan xylene di udara.  

Meski tidak secantik tanaman hias lain tapi Lili Paris tetap menjadi primadona tanaman rumahan. Karena perawatannya yang cukup mudah. Bunda hanya perlu menyiramnya 2-3 kali dalam seminggu tidak perlu setiap hari. 
Letakkan di tempat yang teduh tak terkena matahari langsung. Bunda bisa menggantung pot Lili Paris di teras rumah, atau menjadikannya pajangan sebagai vas tanaman mini di meja tamu. 

4. Sirih Gading (Epipremnum aureum


Sirih gading marble

Tanaman ini juga sering disebut Devil's Ivy karena daunnya yang beracun. Sirih gading ini efektif membersihkan udara dari zat beracun formaldehida, benzene, xylene, dan karbon monoksida. 

Tanaman ini sangat cantik di pot gantung maupun ditempel di dinding. Perawatan sirih gading sangat mudah. Cukup disiram saja jika tanah di pot sudah kering. Karena sirih gading mampu bertahan hidup tanpa air selama 7 hari. 


5. Chinese evergreen / Sri Rejeki (Aglonema) 


Sri Rejeki 

Tidak ada yang menyangsikan kemampuan Sri Rejeki dalam menghilangkan benzene, karbon monoksida, dan formaldehida.
 
Selain kemampuannya mencipta udara segar, tanaman ini juga patut dikoleksi karena kemewahan corak daunnya.  


Masih banyak tanaman hias yang berkemampuan membersihkan polusi dan menciptakan udara segar. Tapi jika Bunda hanya memiliki 5 tanaman di atas saja itu sudah cukup. 

Gantung Lili Paris dan sirih gading di teras rumah. Tempatkan Peace Lili di sudut ruang tamu, tanaman Sri Rejeki di ruang keluarga. Bunda juga bisa menaruh pot tanaman Lidah Mertua dan sirih gading di dapur. 

Tanam beberapa Lidah Mertua di halaman, Sri Rejeki di sudut teras rumah. Lili paris dan sirih gading dalam gelas kaca bisa ditaruh di atas meja makan. Dan Peace lili di dapur. 

Semua ruangan dalam rumah Bunda sudah aman dari segala racun udara. Udara dalam rumah dijamin segar dan Bunda bersama keluarga akan betah berlama-lama di rumah. 

Rumah adalah tempat kita pulang dan berbagi cerita pada akhirnya meski kita sudah jauh melangkah dan telah lama pergi. 

Cukup miliki 5 tanaman ini, udara rumah Bunda menjadi bersih dan segar. Mari ciptakan lingkungan yang indah dengan udara yang sehat di rumah kita.  

Semangat Bunda dan jangan lupa bahagia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran