5 Bumbu Dapur Pengusir Tikus dari Rumah

 


Tikus adalah hewan pengganggu yang sangat merepotkan sekaligus menyebalkan. Tingkah polahnya membuat kita selalu mengurut dada dan beristighfar bahkan lebih sering menggerutu.

Pasalnya, tikus selalu membuat kegaduhan, jorok dan tidak tahu sopan santun. Namanya juga binatang ya, masa iya dia permisi mau masuk rumah. 

Dapur selalu jadi sasaran tikus mencari sisa makanan. Tapi pernah juga tikus menjelajah seantero rumah. Saat pulang kampung dan rumah dibiarkan kosong, saat itulah tikus-tikus beraksi. Jalan masuk sudah ditutup, tapi dia tetap bisa menembus barikade. Hadehhh.

Begitu tiba di rumah lagi, rumah menebar bau tak sedap khas tikus. Di kolong meja, kursi dan di atas meja makan berserakan kotoran tikus. Di sela-sela lemari buku pun ada. Bagaimana dengan dapur?

Jangan ditanya, area dapur yang paling bikin syok. Tempat bumbu dan isinya bergelimpangan, baskom plastik dan aneka panci yang disimpan di atas meja juga berjatuhan. Belum lagi tempat sampah yang entah ke mana. 

Akhirnya kami kerja bakti membereskan rumah dari kotoran tikus. Dan sibuk memasang perangkap. Karena yakin pasti tikusnya masih ada di dalam rumah. 

Saat drama penangkapan tikus pun berakhir, kami baru tahu ternyata tikus dapat diusir dengan bumbu dapur. Whaaatt??

Yupp, bener banget. Tikus dapat diusir dengan bumbu dapur. Dari beberapa sumber yang kami baca, ternyata ada 5 bumbu dapur yang bisa kita gunakan untuk mengusir dan menghalangi tikus mendekat ke rumah kita. 

Baca juga : Manfaat Jantung Pisang dan Cara Mengolahnya


Bumbu dapur pengusir tikus

Berikut Zya's Corner telah merangkumnya untuk Bunda sekalian, beserta cara pengaplikasiannya. 

1. Cabai rawit 

Cabai rawit dapat mencegah tikus masuk rumah karena aroma pedasnya menyengat bagi tikus. Bunda cukup menaburkan bubuk cabai rawit di sekitar rumah dan tikus tidak akan berani mendekat. Bisa juga dijadikan cairan untuk disemprot. Untuk bahan semprotan, Bunda bisa mencampur 1 sdm bubuk cabai rawit dengan 1sdm detergen cuci piring dan 1 sdm minyak dan 1 liter air  diaduk rata lalu semprotkan di area yang biasa tikus lewati. 

2. Kayu manis

Letakkan kayu manis di laci dapur atau lemari. Aromanya membuat tikus tidak berani mendekat. Atau larutkan 1 sdm bubuk kayu manis dengan 500ml air lalu teteskan pada bola kapas atau tisu kemudian letakkan bola tisu dan kapas tersebut  di atas meja makan, di pojok kompor, di rak piring atau semua tempat yang sekiranya suka didatangi tikus. 

3. Paprika merah 

Sama seperti bumbu lainnya, cukup taburkan bubuk paprika merah di area yang sering dilewati tikus. Ini akan mencegah tikus datang lagi. 

4. Bawang putih

Aromanya yang menyengat ternyata membuat tikus tidak mendekat. Letakkan beberapa butir bawang putih di dapur, tikus tidak akan berani datang. 

5. Daun mint

Baik daun mint segar atau pun kering, keduanya bisa digunakan sebagai penangkal tikus masuk rumah. Letakkan daun mint di tempat yang sering didatangi tikus. Bunda juga bisa menanam daun mint di taman dan kebun belakang untuk mencegah tikus datang ke rumah. Bunda juga bisa meletakkan kantung teh rasa mint di laci dan lemari dapur untuk mencegah tikus mengacak-acak bahan masakan Bunda.

Baca juga : Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet 

Demikian beberapa bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mencegah tikus datang ke rumah. 


Selalu jaga kebersihan rumah dan dapur 

Selain itu kita juga wajib menjaga kebersihan rumah dan dapur. Karena tikus menyukai area yang kotor dan berbau tak sedap. Buang sampah dapur secara berkala, jangan membiarkan sampah menumpuk karena akan mengundang tikus. Selain itu juga akan mengundang lalat, bakteri dan belatung. 

Biasakan menjaga kebersihan dapur dengan rajin mengepel lantai setiap pagi dan menjelang tidur. Tidak meninggalkan alat dapur yang kotor dengan sisa memasak di wastafel atau di lantai. Gunakan cairan pencuci piring dan pembersih lantai beraroma agar tikus tidak mendekat. 

Baca juga : Manfaat dan Tips Merawat Peralatan Dapur dari kayu

Semoga dapur dan rumah kita bebas tikus dan selalu bersih sehingga Bunda bisa berlama-lama di dapur untuk berkreasi. 

Tetap semangat dan selamat berkreasi Bunda. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran