Agar Aglonema Tumbuh Subur dan Berdaun Lebat


 
Untuk para pencinta tanaman hias tentu tak asing lagi dengan Aglonema. Aglonema, tanaman hias dengan keunggulan pada aneka corak dan warna daunnya. Cantik, lembut juga perkasa dan beraneka motif daunnya. 

Tentu memiliki aglonema dengan motif daun yang menor dan cerah adalah kebanggaan. Pun dengan rimbunnya daun tanaman yang subur beranak pinak. 

Aglonema yang cantik tidak hadir dengan sendirinya, tentu melewati proses perawatan yang panjang dan melelahkan. Hingga mewujud cantik dan mempesona. 

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat merawat aglonema agar tumbuh subur.


Lokasi penempatan

Aglonema menyukai tempat yang teduh, tidak terpapar matahari langsung. Letakkan aglonema di teras dengan atap sedikit membatasi cahaya matahari. Bunda juga bisa meletakkan aglonema di bawah pohon besar. Seperti ia sedang berteduh di bawahnya. 


Media tanam yang sesuai 

Media tanam yang sesuai dengan aglonema sama dengan tanaman hias lainnya yang juga menyukai tempat yang teduh. Yakni media tanam harus porous. Air bisa langsung keluar tidak mengendap di dasar pot. 

Racikan media tanam untuk aglonema saya biasanya pakai tanah kompos, cocopeat dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1 . Jangan lupa untuk memperbarui media tanam tiap 10-12 bulan sekali. 


Penyiraman

Aglonema tidak terlalu membutuhkan air. Ia suka diletakkan di tempat yang teduh tapi juga tidak becek. Penyiraman cukup dilakukan 3-7 hari sekali tergantung kelembaban media tanam. Lakukan pengecekan secara berkala pada media tanam aglonema dengan menyentuh hingga ke dalam tanahnya apakah sudah kering atau belum. Jika sudah kering maka siram aglonema hingga basah kuyup, lalu jemur di bawah matahari pagi jam 9-10. Setelah itu letakkan di tempat yang teduh. Penyiraman seperti ini akan menjadikan aglonema Bunda tumbuh subur dan berdaun lebat. 


Pemupukan 

Pupuk apa yang cocok untuk aglonema? Aglonema usia anakan sangat cocok dengan pupuk daun untuk merangsang pertumbuhan daun. Semprot juga dengan B1 sebagai ketahanan terhadap hama dan terhindar dari stres. Bubuk cangkang telur juga sangat baik untuk aglonema indukan yang menanti anakan. Lakukan pemberian pupuk cangkang telur pafa metan aglonema tiap 2 minggu sekali, aglonema akan menumbuhkan anakan dalam satu bulan saja. 


Kilap daun

Kekuatan dan daya tarik aglonema adalah daunnya. Daun cerah dan sehat sangat menarik di pandangan. Apalagi jika daunnya mengilap, cantik sekali. Bunda tidak perlu khawatir, kita bisa mendapatkan aglonema dengan daun mengilap hanya dengan menyemprotkan pengilap daun. Saat ini banyak pengilap daun untuk segala jenis tanaman hias termasuk aglonema. Bunda tidak perlu susah payah membersihkan daunnya satu persatu, kini Bunda bisa menghemat waktu dengan myemprot saja. Mudah, bukan? 


Semoga tips di atas bisa membantu Bunda sekalian yang galau kenapa tanaman hias aglonema di rumah tidak subur dan cantik. 


Tetap semangat Bunda. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran