Tips Membersihkan Lap Dapur

Wow, dah berapa lama ga update blog, Mak? Jangan ditanya, deh, saya pun lupa kapan terakhir nulis. Duhh.

Baiklah, mengawali post di 2022 saya ingin berbagi soal kebersihan dapur. Pasti buibu senang kan berkutat berlama-lama di dapur? Tapi kalo dapurnya kotor gimana? Hiyyy. 

Dapur adalah area favorit saya di rumah.  Berlama-lama di dapur adalah aktivitas paling menyenangkan. Selain sarana me time, dapur juga memberikan jutaan kenangan dan motivasi buat saya. 

Yupp, memasak atau pun membuat kue di dapur adalah metode relaksasi paling efektif bagi saya untuk mengembalikan mood. 

Masak dan bikin kue kan capek, gimana bisa disebut me time? 
Orang-orang biasanya akan pergi berlibur ke tempat-tempat yang sepi dan indah, menepi sejenak dari rutinitas untuk mengembalikan mood mereka. 
Tap bagi sebagian orang stress release bisa dilakukan dengan beraktivitas di dapur. 
Memasak menghadirkan hidangan yang lezat adalah goal yang paling indah, apalagi jika mendapat pujian dari seluruh anggota keluarga, bukankah itu adalah pencapaian yang sangat bagus. 

Dapur bagi saya tempat yang mampu mengembalikan semangat, meluruhkan segala kelelahan dan mengempaskan kepenatan yang dirasakan setelah lelah bekerja seharian. 

Yang ada hanya bahagia. 

Tapi saya tidak nyaman dengan dapur yang kotor. Dapur yang berantakan dan tidak rapi malah menurunkan mood memasak. Jadi saya suka dengan dapur bersih dan rapi. Dapur rapi tanpa ada peralatan yang bergelimpangan membuat dapur tampak luas. Dan saya amat betah dengannya. 

Baca juga : Manfaat dan Tips Merawat Peralatan Dapur dari Kayu


Lap Dapur

Kebersihan dapur tentu tidak lepas dari lap dapur. Lap dapur adalah salah satu amunisi untuk dapur bersih. Penampakan lap dapur juga sangat penting. Saya tidak suka lap dapur yang kotor, berminyak dan lusuh. 

Auto balik kanan bubar jalan jika menemukan lap dapur jorok di pojok dapur yang bersih. Dapur langsung terlihat sempit dan menjijikan jika ada lap dekil n kumal di pojokan. 

Jadi lap dapur harus selalu bersih. Terlihat segar dan wangi. 

Berarti lap dapur harus sering dicuci dong? 

Tidak juga. Tergantung pemakaiannya. Digunakan untuk apa lap dapurnya. Jika untuk melap tangan seusai memasak tentu tidak langsung kotor. Untuk melap piring dan peralatan dapur usai dicuci, ini juga tidak langsung kotor. 

Beda dengan lap dapur yang digunakan untuk membersihkan kompor usai memasak. Melap oven dan loyang usai pemanggangan. Atau ada juga yang menggunakan lap dapur untuk membersihkan permukaan teflon yang berminyak. Ini sudah pasti langsung kotor, dekil dan berminyak. Trio penyakit lap dapur yang paling malas saya temui. 


Bagaimana sih cara perawatan lap dapur supaya bersihnya awet? 

Ya ga usah dipakai. Hehe .... 


Cara Mudah Membersihkan Lap Dapur


Lap dapur kotor meski dicuci tiap kali usai digunakan. Jangan ditunda, karena kuman akan bersarang di situ dan menjadi sumber penyakit. Lap dapur reguler, yang hanya digunakan sesekali dan untuk melap barang bersih pun maksimal dicuci dua kali dalam sepekan. 

Lalu bagaimana cara mencuci lap dapur yang benar supaya kuman-kuman tidak lagi menempel dan lap dapur bersih sempurna?

Ini dia tipsnya. 

Anda cukup menyediakan citrun, citric acid, dan atau cuka, lemon, dan atau baking soda dan air bersih atau air hangat.


Cara membersihkan lap dapur

  • Masukkan 2-3 sdm citric acid ke dalam 2 liter air hangat. 
  • Masukkan lap dapur yang kotor ke dalamnya, pastikan seluruh bagian lap terendam. 
  • Diamkan dan rendam selama 15 menit.
  • Kucek dengan tangan secara perlahan, gunakan sikat bila perlu. 
  • Bilas dengan air bersih atau air hangat beberapa kali. 
  • Keringkan atau jemur lap dapur dengan cara digantung.


Selain dengan citrun, Anda juga bisa membersihkan lap dapur dengan baking soda. 

Masukkan 2-3 sdm baking soda dalam air lalu didihkan, masukkan lap dapur kotor masak hingga mendidih. Matikan api biarkan dingin lalu bilas. Jemur lap dengan cara digantung. 

Baca juga : 5 Bumbu Dapur Pengusir Tikus dari Rumah 

Selain citric acid, baking soda ada lagi bahan yang bisa Anda gunakan jika kedua bahan itu susah ditemui di lingkungan Anda. 

Anda bisa menggunakan, cuka masak, garam dan air lemon. Campur ketiga bahan dengan perbandingan 1:1:1 tambahkan sedikit air lalu lumuri ke lap kotor dan biarkan beberapa jam, setelahnya baru dikucek dan bilas. 


Mencuci lap dapur juga bisa dengan mesin cuci. Saat Anda ada acara keluarga tentu memasak banyak hidangan, dan lap kotor pun menumpuk. Jika lap kotornya banyak tentu sangat melelahkan jika mencuci satu persatu. 

Anda tak perlu khawatir, gunakan baking soda beberapa genggam, tambahkan pula cuka ke dalam mesin cuci. Masukkan lap kotor lalu rendam sebentar. Dan lanjutkan dengan proses mencuci seperti biasa. 

Oiya, ada satu hal penting lagi. Jangan lupa untuk menyediakan stok lap dapur. 

Terkadang noda membandel akan susah dihilangkan. Minyak pun tak sepenuhnya hilang. Saya, jika penampakan lapnya masih segar dan bersih tentu masih bisa dipakai. Tapi jika warnanya pun menjadi lusuh maka saya akan menggantinya dengan yang baru. Karena mood saya akan turun juga jika masih ada lap lusuh, jadi semua lap mesti kelihatan bersih, wkekekkkk. Begitulah mood saya memang sering nge-swing #eh. 


Semoga tips sederhana ini bisa mengembalikan mood Bunda di dapur dan bersahabat dengan lapnya juga. Hihi .... 


Dapur yang bersih tentu sangat menyenangkan karena dari sanalah kehangatan keluarga tercipta. Selamat berkreasi di dapur Bunda-bunda.***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran