Kitchen Diary 1 Dapur Ibu Bersama: Pilihan ada di tanganmu

 


Ya, begitulah mungkin goal yang akan kita tentukan saat menerima aneka resep dari Chef Nanda di pekan pertama kegiatan Dapur Ibu Bersama yang sesungguhnya. Kita harus mampu menentukan pilihan mau menjual yang mana dan dijadikan produk andalan kita. 

Selama dua pekan ini kami disuguhkan 5 resep oleh Chef Nanda, tentu saja ada tambahan SKM Frisian Flag di tiap produk yang dihasilkan. 

Pilihan resepnya sebagai berikut; Pie buah, Loukumades, kentang mustofa, pie susu dan sosis solo. Menantang semua pastinya. Dan saya sangat excited dong. 

Berbagai rencana langsung terbayang di kepala. 

Saya mau buat ini, nanti dijual ke sini, sepertinya bagus prosfeknya. 

Tapi ga salah juga coba buat yang ini dan jual yang itu ke yang lain. 

Nanti dikemas kayak gini pasti cantik.

Aaarrghhh ... Macam-macam, kan. 


Hal Menarik Saat Proses Recook Resep


Hhmm apa, ya?

Saat harus menuangkan proses recook dan tuliskan apa saja yang menarik selama proses tersebut, saya bingung juga. Wkwkwkk... 

Kenapa, ga ada yang menarik, kah? 

Bukaaaan, tempatnya secuil sementara saya tidak biasa menulis 'hanya' sedikit. #gayabaelumpok. 



Jadi saya uraikan di sini saja. Tak terbatas pula, jadi bisa mengalir aja. 

Soal menariknya di mana dan saat ngapain, itu banyak. 

Awalnya saya antusias di semua resep yang disajikan. Dari awal recook resep di webinar pun demikian. Semangat dan tentu saja, alhamdulillah berhasil menjual es jelly. 

Nah, untuk resep jualan saya memilih pie (awalnya). Selain cetakan sudah punya sejak lama saya juga memang tertarik untuk memproduksinya sendiri. Setelah ketagihan dengan pie yang teman saya hasilkan. Rasanya tuh tak terbantahkan menurut saya. Tapi tentu saja, rasa ego muncul dong. 

Masa sih lu ga bisa bikin sendiri?

Iya ya, cetakan udah ada, nih. Ntar dihisab lo (berat emen bahasanya).



Recook Pie Buah 

Akhirnya recook pie buah. Semangat 45 saat bikin kulitnya. Prosesnya juga ga terlalu sulit, saya menikmatinya. Buat vla juga mudah. Tibalah pemberian topping. Drama banget ini. 

Karena memang buahnya belum ada semua tapi kulit dan vla sudah selesai. Jadi di taruh di kulkas dulu deh, saya pun berburu buah. Pergilah ke salah satu waralaba terdekat, katanya tersedia semua buah yang diinginkan. 



Sampai di sana, ga ada dong, cuma ada anggur doang. Di sana juga lama karena muter dulu mastiin ke petugasnya segala apa buahnya memang ga dipajang, wkwkkkkk ... 

Bang, ntu kiwi kok ora ada di rak, kemana die? 

Jangan dibayangin dah cara emak ini ngomong, halahhh. 

Wis, bawa aja anggurnya dulu, next balik lagi kalo mood

Besoknya saya mampir ke emak sekaligus kasih jatah bulanan, penting ini dikasih tau. Wkwkwkkkk. 

Ceki ceki dapur ada makanan apa dan ikutan mindo di sana. Cek kulkas ketemu jeruk santang, asiiik. Saya bawa pulang, taruh di kulkas sambil menunggu besoknya berburu kiwi atau stroberi. 

Saat besoknya saya cek jeruknya, ternyata raib sodara-sodara. Iya tuh jeruk ga ada di kulkas. Siapa tersangkanya? 

Dah pasti kalo bukan twin berarti bapake dong. 

Saya meradang. Mood lenyap seketika. Wis males muter nyari stroberi. Biarkan dulu itu kulit pie sekaligus cek ketahanan, ye. 

Mohon maaf foto pie ga cantik dan lupa pula nambahin jejeran Frisian Flag di sana. Niatnya hari ini mau eksekusi lagi pake tambahan stroberi, dah dapat dari Mom Gaby. 


Recook Kentang Mustofa

Nah, proses di kentang mustofa beda lagi sisi menariknya. Tahu ga, tangan saya kena parutan, hiks. Risiko dong. Kulit tengah jari tengah terkelupas lumayan dalam, darah pun merembes keluar. Takpelah, bumbu perjuangan itu, said bapake yang minta disleding. Hadehhh. 

Proses pembuatan kentang mustofa so far mulus, dua kali trial akhirnya ketemu triknya. Dan alhamdulillah langsung banyak yang order. Sungguh di luar dugaan sudah terjual 10kg hingga hari Jumat kemarin. 





Proses dan Hasil Recook 

Seperti yang diceritakan, recook pie buah mulus saat pembuatan kulit dan vla tapi tidak dengan buahnya. Saya cuma pakai anggur aja akhirnya, ditambah daun mint ke depan rumah. Cantik juga. Pie saya bawa saat me time dengan para tetangga, tanggapan mereka sejauh ini enak dan mereka bertanya soal harganya. Semoga membuka peluang usaha lagi di bulan Ramadan nanti.

Proses pembuatan kentang mustofa sangat memuaskan. Hasil kriuk dan tahan lama. Sejauh ini sudah empat kali eksekusi dan terjual habis.

***

Masih ada resep yang belum sempat diekseskusi. Ada sosis Solo, pie susu dan loukumades. Dari pengalaman yang kubaca sedama binaan, pie susu lebih tricky lagi. Jadi kuskip aja dulu deh. 

Sosis Solo sudah ada dalam agenda, ayamnya juga sudah direbus dan tinggal suwir. Tapi kemarin sedang masuk orderan kentang mustofa. InsyaAllah sosis Solo akan dieksekusi untuk takjil Ramadan. 

Nah, bagaimana dengan Loukumades? Belum terpikirkan. 

Dari cerita teman-teman, sausnya yang kaya rempah bikin nagih. Saya jadi penasaran. Jika da waktu senggang pasti dicoba juga. Untuk saat ini belum karena rempahnya belum ada, wkwkwkkk.

Finally Kitchen Diary 1 tertuntaskan juga. Tetap semangat menjalani kebersamaan dengan teman-teman di Dapur Ibu Bersama hingga proses berakhir. Terima kasih tim Dabu dan Frisian Flag. 

Berikut  hasil recook kentang mustofa yang sudah banyak pemesannya. alhamdulillah. 

































#KitchenDiary1
#RecookMenuDIB
#DIBCookingCamp
#WomenInCooLABortion
#IP4D2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran