LRT Jabodebek, Nikmati Kenyamanan Naik Kereta Api yang Sebenarnya

 


Minggu 27 Agustus 2023 siang kemarin, saya berkesempatan mengikuti uji coba LRT Jabodebek. Saya naik dari stasiun Jatimulya dan berakhir di stasiun Dukuh Atas. 

Stasiun LRT Jatimulya berada di dalam kawasan Grand Dhika City, belakang mal LRT City. Masuk dari depan mal, ketemu loket parkir lalu belok kanan, kemudian lurus hingga ketemu pintu masuk stasiun. 

Begitu kami datang langsung disambut bapak security yang ramah, menanyakan keperluan dan bukti undangan uji cobanya. Setelah menunjukkan bukti kami pun dipersilakan memasuki stasiun. Menaiki eskalator dan tiba di atas disambut lagi petugas loket yang super ramah, cantik dan ganteng. 


Kami juga mendapat souvenir dari LRT loh, sebuah gantungan kunci bergambar Train Attendant. 

Rute LRT Jabodebek 

Train Attendant yang ganteng, beneran bikin betah, wkwkwkk. 

Selanjutnya kami melihat-lihat area peron dan melakukan wawancara sebentar dengan petugas di sana. 

Rute Layanan LRT Jabodebek 

Dengan jumlah 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Depok, dan Bekasi, LRT siap beroperasi melayani masyarakat dengan dua lintas perjalanan, yakni lintas Cibubur/Depok dan lintas Bekasi dengan panjang lintasan 41,2 km.

LRT ini juga driveless alias tanpa masinis. Sebagai gantinya ada seorang Train Attendant yang ditugaskan untuk siap siaga memeriksa kesiapan kereta saat berangkat dan beroperasi. 

Berikut rute LRT Jabodebek lintas Cibubur : 

Stasiun LRT Dukuh Atas

Stasiun LRT Setiabudi

Stasiun LRT Rasuna Said

Stasiun LRT Kuningan

Stasiun LRT Pancoran

Stasiun LRT Cikoko

Stasiun LRT Ciliwung

Stasiun LRT Cawang

Stasiun LRT TMII

Stasiun LRT Kampung Rambutan

Stasiun LRT Ciracas

Stasiun LRT Harjamukti.

Sedangkan untuk LRT Jabodebek lintas Bekasi rutenya sebagai berikut: 

Stasiun LRT Dukuh Atas

Stasiun LRT Setiabudi

Stasiun LRT Rasuna Said

Stasiun LRT Kuningan

Stasiun LRT Pancoran

Stasiun LRT Cikoko

Stasiun LRT Ciliwung

Stasiun LRT Cawang

Stasiun LRT Halim

Stasiun LRT Jatibening Baru

Stasiun LRT Cikunir 1

Stasiun LRT Cikunir 2

Stasiun LRT Bekasi Barat

Stasiun LRT Jati Mulya.

LRT Jabodebek resmi beroperasi sejak Selasa lalu, setelah sebelumnya Senin diresmikan oleh presiden Jokowi. Untuk tarif yang berlaku saat ini ditetapkan flat Rp 5.000,- ke semua tujuan (jauh-dekat) sampai dengan akhir September 2023. 

Dan selanjutnya, untuk mendorong minat masyarakat beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi serta untuk mengenalkan LRT Jabodebek, Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan skema tarif promo maksimal Rp 20.000,- untuk jarak terjauh, dan di bawah Rp 20.000,- untuk selain jarak terjauh, hingga akhir Februari 2024.

Tampak dalam LRT Jabodebek 

Jangan khawatir ga kebagian kereta, ya. Karena nantinya akan ada 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Dengan kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang. Total ada sebanyak 31 rangkaian kereta yang disiapkan, dengan rincian, untuk keperluan operasional ada 27 rangkaian kereta, dan 4 rangkaian kereta akan digunakan sebagai cadangan. Setiap rangkaian kereta LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta. Nah, banyak kan? 

Apa saja fasilitas yang ada di kereta LRT Jabodebek? 

Tentu saja kursi yang nyaman, terdapat area tempat penyimpanan kursi roda, sepeda lipat dan kursi prioritas pasti ada. Di tiap stasiun disediakan dispenser air dingin dan hangat untuk pengunjung. Selain toilet dan mushola yang terdapat di tiap stasiun, juga dilengkapi dengan ruang menyusui, loh. Jadi bagi para busui yang ingin menyusui, mengganti popok bayi, atau ingin beristirahat sebentar, bisa menggunakan ruang menyusui ini sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.  




Bagaimana rasanya naik LRT Jabodebek?

Nyaman sekali, keretanya cepat, tapi kurang smooth, ada juga saat mengerem mendadak lumayan bikin mual, atau memang kami aja yang kebetulan mendapat rangkaian kereta yang mengeremnya kurang smooth

Seperti layaknya fasilitas baru, tentu saja armadanya bersih dan rapi, stasiunnya juga kinclong. Dan yang tak kalah penting, petugasnya ramah. Pliss, jangan ada yang cemberut ya mbak dan mas mas yang ganteng. Terima kasih sudah sabar menjawab tiap tanya dari kami. 





Salah satu sudut toilet di st. Dukuh Atas 


Oiya, info terakhir yang kami dapat. Nantinya pada saat beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB. Sementara ini, untuk tahap awal atau selama 2 minggu, pengoperasian kereta LRT Jabodebek dilakukan mulai pukul 05.00 WIB sampai 20.00 WIB dengan penambahan kereta secara bertahap tiap minggunya.



Kuy, tunggu apa lagi, cobain LRT Jabodebek dan temukan sensasi lain saat berkendara. Hahaha sudah cocok belum jadi ambassador LRT, nih?*** 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran