Crispyku, Kriuknya Tahan Lama Hingga 12 Jam

 


Siapa yang setiap hari anak-anaknya punya slogan makan kayak gini, "Tiada hari tanpa ayam di rumah?"

Yang mengacungkan jari, mari kita toss dulu, yuk, Bunda. Yupp, twin juga sama, waktu kecil 'moto makan'nya, tiada hari tanpa ayam di rumah. Dimasak apa aja yang penting ada ayam. Walau hanya suwiran ayam sedikit saja untuk campuran nasi goreng. Begitu abg seperti sekarang, kesukaan tetap ayam tapi tidak sesering waktu kecil.

Jika harus mengikuti keinginan mereka yang maunya ayam terus, tentu kita akan 'rugi bandar' haha. Karenanya saya mensiasati dengan menyajikan aneka olahan ayam. Memasak apa pun ditambah campuran daging ayam. 

Tumis buncis ayam fillet, ayam pepes kemangi, tahu kecap ayam fillet, sop ayam dan jamur, ayam suwir kemangi, ayam teriyaki dan kentang. Dan masih banyak lagi menu kolaborasi ayam dalam daftar menu saya. 

Tapi sebenarnya twin mempunyai makanan favorit yang sama yakni ayam goreng krispy. Terkadang sayap ayam krispy, fillet krispy, atau jika tiba waktu gajian, saya bisa memasak dada ayam krispy favoritnya. 

Sebelumnya saya pernah meminta twin untuk mengerem kesukaannya itu, ayam krispy, karena saat membuatnya saya sering gagal. Lebih banyak down-nya daripada suksesnya. Hiksss. Entah apa yang salah, sudah mengikuti segala macam tutorial, baik online maupun visual langsung, tetap saja di awal garing, tapi jika sudah lama akan melempem. Dan twin sangat tidak suka dengan kulit ayam yang ga krispy, bikin ga nafsu makan, katanya. 

Tapi itu dulu. Sebelum saya bertemu dan jatuh cinta dengan Crispyku.

Crispyku, ternyata mampu menjawab keresahan saya. 

Baca juga : Aneka Resep Pepesan


Tepung Bumbu Anti Gagal 

Dengan mem-branding diri sebagai tepung bumbu serbaguna anti gagal, Crispyku juga mengklaim komposisinya adalah Resep Rahasia Ala Chef. Menjadikan ayam goreng dan apa pun yang digoreng dengan tepung bumbu tersebut mampu bertahan hingga 12 jam dan tetap kriuk. Wow. MasyaAllaah, kan. Mari kita tengok komposisinya. 

Komposisi 

Tepung bumbu serbaguna Crispyku diracik dengan rempah pilihan, sehingga dapat menghasilkan ayam goreng yang renyah, keriting dan gurih. Selain ayam tentu saja tepung produksi Afifa Food ini juga cocok untuk olahan krispy lainnya seperti jamur, tahu, tempe, cumi, udang,dan lain-lain. 

Komposisi tepung bumbu serbaguna Crispyku adalah sebagai berikut : Tepung terigu, bawang putih, garam lada, ketumbar, rempah-rempah rahasia dan penyedap rasa. Dikemas dalam pouch ukuran 500 gram dengan harga sangat terjangkau, langsung menjadikan Crispyku sebagai idola baru di kalangan ibu-ibu. 


 Cara penggunaan

Cara penggunaannya sangat mudah. Siapa pun bisa mengaplikasikannya. Tidak perlu lapisan pencelup untuk membuat ayam goreng kriuk yang istimewa. Dan tak perlu lagi tambahan bumbu. Namun jika Bunda ingin rasa yang lebih strong bunda bisa menambahkan bumbu yang diinginkan. 

Seperti yang tertera pada kemasan, petunjuk penggunaan terpampang jelas di sana. 

~ Tuang tepung Crispyku dalam wadah. Ambil beberapa potong ayam yang telah dicuci bersih, lalu masukkan ke dalam tepungnya. Pastikan seluruh permukaan ayam tertutup tepung. 

~ Remas-remas ayam hingga keriting dan butiran krispy muncul. 

~ Lalu masukkan ayam dalam air es beberapa saat hingga ayam terendam sempurna. Kemudian tiriskan, lalu masukkan kembali ke tepung Crispyku

~ Lakukan peremasan sekali lagi hingga tepung crispy terlihat bagus keritingnya dan siap digoreng. 

~ Goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Angkat dan dinginkan. 

Oiya, Bunda harus memastikan minyak sudah panas saat akan menggoreng. Bila perlu sebelum dimasukkan ke dalam tepung bumbu, ayam diberi bumbu marinasi agar lebih gurih. 

Ayam fillet crispy stick dengan tepung bumbu serbaguna Crispyku 



Cocok untuk pemula 

Tepung bumbu serbaguna ini wajib banget jadi stok di rumah ya Bunda. Karena selain praktis tentu dapat memangkas waktu memasak Bunda lebih cepat. Karena ayam tidak perlu dimarinasi jika ingin langsung digoreng. Sangat cocok untuk pemula yang baru berkenalan dengan dapur. Para pasangan muda dan anak kost juga wajib memilikinya. Crispyku pilihan tepat untuk Anda yang serba instan. 

Cara mendapatkannya

Di mana kita bisa membeli tepung bumbu serbaguna Crispyku ini? 

Bunda tidak perlu khawatir. Crispyku sudah tersedia hampir di semua swalayan. Bunda juga bisa melakukan pembelian melalui marketplace. Reseller Crispyku juga sangat mudah ditemukan, mereka ada di mana-mana. Mau tahu yang terdekat, nanti saya bisikin, deh. 

Baca juga : Ayam Garang Asem Menggugah Selera




Keunggulan produk

Tepung bumbu serbaguna Crispyku ini adalah produk homemade, industri rumahan dari Afifa Food. Produknya sudah memiliki sertifikat halal dari MUI. 

Dari pengalaman teman-teman yang sudah mencobanya, mengatakan jika ayamnya ini bisa tahan kriuk hingga 12 jam. Tentu saya tak mudah percaya dong. Trial pertama, saya coba menyimpan ayam lebih lama (niatnya) ternyata ga sampai 3 jam ayam sudah ludes ga bersisa. 

Tiga hari berikutnya saya niatkan untuk 'ngumpetin' ayamnya. Saya biasa memasak menjelang Subuh karena untuk bekal twin sekolah. Tentu saja ayam goreng kriuk sudah tersaji di meja makan dari jam 6 pagi bersama lauk lainnya. Setelah dimakan untuk sarapan twin dan Abi, lalu dibawa untuk bekal, bersisa tiga potong ayam krispy. Satu untuk saya sarapan dan dua potong lagi saya niatkan untuk di simpan selama 8 jam, hingga waktu makan siang tiba pukul 14.00. Saya ingin membuktikan apakah yang dikatakan teman-teman saya itu benar. 

Tibalah pukul 14.00, saya selesai mengajar les di sesi siang. Memang sengaja diniatkan makan siang agak terlambat supaya waktunya pas. 

Olahan ayam, jamur dan tahu dengan tepung bumbu Crispyku, tahan lama kriuknya 



Dan voilaaa! Dua potong ayam goreng masih sangat garing meski tampilannya sudah tidak kokoh. Warnanya jadi agak soft karena mungkin terkena angin, padahal diletakkan di meja makan dan ditutupi. Daging ayamnya tetap juicy, gurihnya juga mantap, dan yang paling menyenangkan, kulit ayam dan adonan krispy-nya tetap tahan lama.

Masih tersisa satu potong ayam. Akan saya simpan hingga malam.  Ingin melihat bagaimana tampilannya nanti. 

Dan qadarullah, saya lupa, mestinya setelah Magrib ayam itu dilihat dan dicoba dimakan kembali, tapi ternyata saya baru ingat di bada Isya. Dan MasyaAllah, ayamnya masih juicy dong, kulitnya tetap renyah dan gurih, hingga saya lupa tidak difoto. Fiks, Crispyku akan jadi langganan kami dan stok di rumah akan diperbanyak. InsyaAllah. 

Baca juga : Laksa Ayam Khas Bogor dengan Oncom


Nah, Bunda, tunggu apalagi? Kuy, kita barengan belanja Crispyku ke supermarket terdekat. Dan mulai besok Bunda akan ketagihan membuat ayam krispy setiap hari.*** 


 


Komentar

  1. Duh, jadi pengen nyobaa... reviewnya sungguh kriukkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllaah, ayo dicoba mbak Henny, dijamin ketagihan deh

      Hapus
  2. Tepung krispi itu udah jadi kebutuhan ga sih? seneng kalau udah ketemu merk andalan. walaupun aku baru denger merk ini, jadi ga tahan mau coba ya jadinya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kalo aye di rumah kudu wajib stok nih tepung mbak Ina. Hampir setiap hari bebikinan yang krispy. Banyak tersedia kalo di Bekasi mbak.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senantiasa Memurnikan Cinta

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Cara Mengenali Gula Merah Asli di Pasaran